nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kue dari Tepung Jangkrik Karya Mahasiswi IPB ini Laris Manis

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Minggu 27 Oktober 2019 15:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 27 65 2122318 kue-dari-tepung-jangkrik-karya-mahasiswi-ipb-ini-laris-manis-Dv4V7djnkN.jpg Kue Tepung Jangkrik (Fpto: Website IPB)

JAKARTA - Mungkin belum banyak yang tahu, ternyata serangga dapat menjadi alternatif sumber protein yang dapat dikonsumsi oleh manusia.

Mahasiswa Universitas IPB, Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian Natassa Kusumawardany berhasil menyulap tepung jangkrik menjadi kue lezat yang kaya protein dan diberi nama Criquet Food.

“Produknya ada dua, crackers dan cakes. Untuk Criquet crackers punya empat varian rasa yaitu original, garlic, cheddar cheese dan sweet chocolate,” ujar Natassa seperti yang dikutip dalam laman resmi IPB, Minggu (27/10/2019).

Baca Juga: Menjadi Guru Besar, Akhirnya Rektor IPB Tunaikan Janji ke Orangtua

Produk unik miliknya juga memiliki enam varian rasa, yaitu Original, Chocolate, Strawberry, Greentea, Anggur dan Melon.

Natassa juga mengatakan bahwa keunggulan dari Criquet Food ini adalah makanan yang tinggi protein, kaya dengan antioksidan, mengandung asam amino, asam lemak, omega 3 dan 6 serta berkalori rendah dan tanpa bahan pengawet.

“Dengan kandungan tersebut, criequet crackers dan criequet cakes dapat dikonsumsi oleh semua golongan umur. Tidak hanya bagi pecinta kue, tapi bisa anak-anak, remaja, orangtua, bahkan olahragawan juga bisa mengonsumsi kue ini,” jelas Natassa.

IPB

Asal tahu saja, Sampai saat ini, kue yang terbuat dari tepung jangkrik itu telah mendapat berbagai penghargaan bisnis sejak tahun 2018. Tidak hanya itu, penjualan Criquet Food ternyata tidak hanya di pulau Jawa, Bakan peminat Criquet Food ada yang dari Lampung, Medan, Aceh, Kalimantan dan tempat lainnya.

“Saya berharap, Criquet Food ini dapat menjadi alternatif makanan yang tinggi protein yang bisa dinikmati semua kalangan. Dengan Criquet Food ini kami juga mencoba mengenalkan kepada masyarakat, bahwa ternyata serangga seperti jangkrik dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang lezat untuk dikonsumsi,” tambah Natassa.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini