nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kabur dari Rutan Wates, Napi Ini Ditangkap Usai Pesta Miras

Kuntadi, Jurnalis · Rabu 30 Oktober 2019 01:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 29 510 2123380 kabur-dari-rutan-wates-napi-ini-ditangkap-usai-pesta-miras-O0N68wf5la.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

KULONPROGO – Polres Kulonprogo menangkap Pinasthi Bayu Setya Aji, salah satu narapidana rutan kelas II B Wates yang kabur, pada Senin 28 Oktober 2019. Napi kasus penggelapan ini ditangkap di Alun-alun Kebumen, usai berpesta miras dengan temannya yang juga mantan napi.

Kasat Reskrim Polres Kulonprogo AKP Ngadi mengatakan, tersangka ditangkap saat petugas memburu dua napi yang kabur, dan mendapatkan informasi jika salah satunya berada di Kebumen. Petugas langsung melakukan penyelidikan dan mencari keberadan napi tersebut. Hingga akhirnya diketahui sedang duduk di taman di Alun-alun Kebumen.

“Saat ditangkap dia sempat berusaha melawan, tetapi angota kita banyak,” jelas Ngadi, Selasa (29/10/2019).

 Penjara

Saat dilakukan penangkapan ini, Pinasthi yang merupakan warga Desa Giripeni, Kecamatan Wates Kulonprogo ini masih dalam posisi terpengaruh minuman keras. Hal ini memudahkan anggotanya untuk melumpuhkannya. Tanpa banyak perlawanan, langsung dimasukkan ke dalam mobil untuk dibawa ke Kulonprogo.

“Mulutnya masih bau miras. Dia mengakui baru saja pesta miras,” terangnya.

Ketika dilakukan penangkapan, Pinasthi ini sedang duduk dengan satu rekannya. Dia merupakan mantan napi yang sudah pernah menjalani masa penahanan di Rutan Kelasn II B Wates. Di tempat itulah mereka berkenalan, dan janjian bertemu setelah dia kabur dari dalam rutan. Hanya saja saat penangkapan, anggota hanya fokus pada Pinasthi. Sedangkan rekannya begitu digerebeg langsung lari dan kabur dari petugas.

Dari keterangan Pinasthi, imbuh Ngadi, dia kabur dengan memanjat tembok belakang rutan bersama dengan empat narapidana lainnya. Begitu berhasil keluar, dia lari ke selatan dan akhirnya pergi ke Kebumen dengan menumpang bus.

Dengan penangkapan Pinasthi, dari lima narapidana yang kabur sudah empat yang ditangkap. Mereka adalah Pinasthi, Abdul Aziz, Taufikorahman, dan Dani Saiful Arifin. Kini petugas masih memburu Sutristiyato satu narapidana lain yang kabur. Sutristiyanto merupakan warga Pekalongan, Jawa Tengah yang terlibat dalam kasus pencurian dengan pemberatan.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini