nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korban Kebakaran Kereta Pakistan Bertambah, Sedikitnya 60 Tewas

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 31 Oktober 2019 13:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 31 18 2124076 korban-kebakaran-kereta-pakistan-bertambah-sedikitnya-60-orang-dilaporkan-tewas-Mi25TGcPDB.jpg Foto: Reuters.

KARACHI - Sedikitnya 60 penumpang tewas ketika sebuah kereta api yang bepergian dari Kota Karachi, Pakistan ke Lahore terbakar. Jumlah korban telah bertambah dari laporan awal yang menyebutkan 10 orang tewas dan 15 lainnya mengalami luka-luka.

Media lokal mengatakan api itu disebabkan oleh ledakan tabung gas yang digunakan oleh penumpang yang memasak makanan. Api diperkirakan telah menyebar ke sedikitnya tiga gerbong.

Menurut para pejabat yang dikutip di media lokal, banyak korban meninggal ketika mereka mencoba melompat dari kereta yang terbakar.

BACA JUGA: Sedikitnya 10 Tewas dalam Kebakaran Kereta di Pakistan

Kecelakaan yang terjadi di dekat Kota Rahim Yar Khan di selatan Provinsi Punjab itu juga menyebabkan sedikitnya 30 orang lainnya terluka .Para pejabat mengatakan jumlah korban yang meninggal masih mungkin bertambah.

"Dua kompor memasak meledak. Mereka sedang memasak, mereka memiliki minyak (goreng) yang menambahkan bahan bakar ke api," kata Menteri Perkeretaapian Pakistan Sheikh Rashid Ahmed sebagaimana dilansir BBC, Kamis (31/10/2019).

Dia menambahkan bahwa penumpang yang membawa kompor ke kereta untuk memasak makanan dalam perjalanan panjang adalah masalah umum terjadi di Pakistan.

Pakistan memiliki sejarah kecelakaan kereta api dengan banyak kematian. Jumlah korban seringkali sangat tinggi karena kereta api diisi penumpang dengan jumlah yang jauh lebih banyak daripada seharusnya.

Pada Juli, 11 orang meninggal dalam sebuah kecelakaan, sementara empat korban meninggal dalam kecelakaan lain pada September.

Pada 2007, sedikitnya 56 orang tewas dan lebih dari 120 lainnya cedera dalam kecelakaan di dekat Mehrabpur. Dan pada 2005, lebih dari 130 orang tewas ketika tiga kereta bertabrakan di Provinsi Sindh dalam salah satu bencana kereta terburuk di negara itu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini