nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Helikopter Damkar Korsel Jatuh di Kepulauan Sengketa, Tujuh Penumpangnya Hilang

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 01 November 2019 12:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 01 18 2124519 helikopter-damkar-korsel-jatuh-di-kepulauan-sengketa-tujuh-penumpangnya-hilang-swMfEf23eK.jpg Ilustrasi.

SEOUL – Sebuah helikopter departemen pemadam kebakaran Korea Selatan jatuh ke laut di dekat kepulauan sengketa Dokdo pada Jumat, 1 November. Dinas penyelamat tengah melakukan pencarian tujuh penumpang helikopter yang masih hilang dalam kecelakaan tersebut.

Pejabat di Markas Pemadam Kebakaran Gyeongbuk mengatakan helikopter Airbus H225 yang membawa pasien ke sebuah rumah sakit di daratan utama Korea Selatan itu jatuh tak lama setelah lepas landas dari Dokdo.

Reuters, Jumat (1/11/2019) melaporkan Kementerian Pertahanan Korea Selatan telah mengirim kapal, pesawat, dan penyelam untuk membantu menjelajahi samudera mencari tanda-tanda dari tujuh penumpang yang berada di dalam helikopter.

Dokdo merupakan pulau-pulau kecil yang diklaim oleh Korea Selatan dan Jepang sebagai wilayah mereka. Pulau-pulau yang disebut sebagai Takeshima di Jepang itu dikontrol oleh Seoul dengan sekelompok kecil penjaga pantai.

Sejauh ini belum diketahui penyebab jatuhnya helikopter tersebut.

Laporan Yonhap mengutip pejabat dinas penyelamat Korea Selatan, Seong Ho-seon menyebutkan bahwa helikopter yang jatuh itu mulai digunakan pemadam kebakaran pada 2016 dan Airbus telah memeriksa poros rotasi otomatis antara September dan Oktober tahun ini. Model H225, yang sebelumnya dikenal sebagai Eurocopter EC-225, adalah pesawat pencarian dan penyelamatan jarak jauh dan tahan cuaca.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini