nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Balon Gubernur Bengkulu Ramai-Ramai Daftar ke Perindo

Demon Fajri, Jurnalis · Minggu 03 November 2019 02:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 03 340 2125072 balon-gubernur-bengkulu-ramai-ramai-daftar-ke-perindo-LW1hA9cJu4.jpeg

BENGKULU - Sebanyak 12 bakal calon (balon) gubernur dan wakil gubernur provinsi Bengkulu mengambil formulir syarat pendaftaran balon di dewan pimpinan wilayah (DPW) partai Perindo provinsi Bengkulu.

Pengambilan syarat tersebut untuk pilkada serentak di provinsi berjuluk ''Bumi Rafflesia'', 2020. Mereka yang telah mengambil formulir itu musti menglengkapi syarat pendaftaran.

Mulai dari surat permohonan pencalonan, surat pernyataan kesediaan bakal calon, naskah visi, misi dan program, daftar riwayat hidup, foto copy ijazah terakhir di legalisir.

Lalu, foto copy kartu tanda penduduk (KTP), pas poto warna biru ukuran 4x6 sebanyak empat lembar serta map biru jepit. Di mana pembukaan pendaftaran itu terhitung sejak 21 Oktober 2019 hingga 4 November 2019.

Sekretaris DPW Perindo Provinsi Bengkulu, Ismail Saleh mengatakan, proses penjaringan balon gubernur dan wakil gubernur (wagub) akan di seleksi tim seleksi (Timsel) yang sebelumnya sudah di bentuk.

Timsel, kata Ismail, bertugas melakukan penelitian berkas, komunikasi dengan balon tentang sumber daya dan strategi pemenangan. Lalu, dari timsel melaporkan ke DPW partai perindo.

''Seluruh berkas balon sudah disampaikan ke DPW perindo, pada Juma 15 November 2019,'' kata Ismail, kepada Okezone, Sabtu (2/11/2019).

Ilustrasi

Usai berkas diterima DPW, lanjut Ismail, balon gubernur dan wakil gubernur, akan mengikuti tahapan fit and proper test di DPW partai Perindo, pada Rabu 20 November 2019 hingga Selasa 10 Desember 2019.

Selain balon gubernur dan wakil gubernur, terang Ismail, fit and proper test juga akan diikuti balon bupati dan wakil bupati yang telah mengembalikan berkas ke dewan pimpinan daerah (DPD) di 9 kabupaten di Bengkulu.

''Fit and proper test akan digelar di DPW Perindo. Mulai dari gubernur dan wakil gubernur serta balon bupati dan wakil bupati,'' jelas Ismail.

Dari DPW Perindo sendiri, sambung Ismail, akan mengusung balon gubernur dan wakil gubernur, balon bupati dan wakil bupati, dengan kriteria menguasai wilayah Bengkulu, memiliki integritas dan memiliki program yang baik.

''Setelah melakukan fit and proper test, kami dari DPW akan mengusung satu pasang balon ke DPP Perindo,'' ujar Ismail.

Empat Balon Gubernur Kembalikan Berkas

Ditambahkan Sekretaris tim seleksi (Timsel) penjaringan balon gubernur dan wakil gubernur, DPW partai Perindo provinsi Bengkulu, Eko Febrinaldo, terhitung sejak pembukaan pendaftaran sudah ada 12 balon cagub dan cawagub yang mengambil formulir syarat pendaftaran.

Dari 12 balon itu, sampai Eko, empat balon gubernur telah mengembalikan formulir. Seperti, Rio Patrice Capella, Rosjonsyah, Ahmad Hijazi, Rohidin Mersyah.

Sementara balon gubernur dan wakil gubernur yang belum mengembalikan sebanyak 8 balon. Yakni, Agusrin M. Najamudin, Erna Sari Dewi, Bando Amin C Kader, Alpian Toni, Izda Putra, Leni Haryati John Latief, Dadang Mishal dan Imron Rosyadi.

''Empat balon sudah mengembalikan berkas syarat pendaftaran,'' jelas Eko.

Balon yang mengambil formulir syarat pendaftaran itu, sampai Eko, dari berbagai kalangan. Mulai dari pengusaha, politisi, mantan gubernur Bengkulu, gubernur Bengkulu, bupati, mantan bupati, anggota DPRD provinsi bengkulu serta mantan KPU Sumatera Selatan.

Balon gubernur dan wakil gubernur, lanjut Eko, akan memperebutkan dua kursi. Di mana meraka yang memenuhi kriteria akan diusung ke DPP partai Perindo, satu pasang balon gubernur dan wakil gubernur serta satu pasang balon bupati dan wakil bupati.

''Mereka yang lulus fit and proper test, berkas dinyatakan lengkap maka kami akan mengajukan satu pasang cagub dan cawagub serta cabup dan cawabup ke DPP Perindo,'' sampai Eko.

Untuk tingkat penjaringan balon bupati dan wakil bupati, terang Eko, akan menjaring di 9 kabupaten di Bengkulu. Di mana secara keseluruhan partai Perindo memiliki 20 kursi yang tersebar di 9 daerah.

Rinciannya, terang Eko, di kabupaten Rejang Lebong; 4 Kursi, Lebong; 3 kursi, Kepahiang; 1 kursi, Bengkulu Tengah; 3 kursi, Bengkulu Utara; 1 kursi, Mukomuko; 3 kursi, Seluma; 3 kursi, Bengkulu Selatan; 1 kursi, Kaur; 1 kursi.

''Proses seleksi juga masih berlangsung di 9 kabupaten di Bengkulu,'' demikian Eko.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini