nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menristek: Mahasiswa Ekonomi Jangan Hanya Teliti Tingkatkan Produksi, Tapi...

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 04 November 2019 13:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 04 65 2125464 menristek-mahasiswa-ekonomi-jangan-hanya-teliti-tingkatkan-produksi-tapi-vTvwwKf1ko.jpeg Bambang Brodjonegoro. (Foto: Okezone.com/Yohana)

DEPOK - Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Ristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro meminta mahasiswa bisa berperan besar dalam menekan ketimpangan akibat adanya revolusi industri 4.0. Tak dapat dipungkiri perkembangan teknologi membuat terjadinya ketimpangan antara yang bisa mengikuti perkembangan dan yang tertinggal.

Baca Juga: Menristek Bambang Panggil CEO Tokopedia Hingga Grab, Hasilnya Apa?

"Disrupsi teknologi terutama dalam bentuk berbagai macam inovasi, sebenarnya bertujuan meningkatkan produktivitas. Nah setiap ada peningkatan ini maka menimbulkan potensi ketimpangan karena ada yang bisa mengikuti langsung dan ada yang tertinggal," ungkapnya dalam 7th Economix: Global Challenges International Seminar: Inequality In The Modern Era di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia ( FEB UI), Depok, Senin (4/11/2019).

Bambang Brodjonegoro dan Teten Masduki Merapat ke Istana 

Mantan Menteri Keuangan tersebut menyatakan, maka menjadi peran mahasiswa untuk bisa menghasilkan penelitian yang menolong peningkatan sumber daya manusia (SDM), terkhususnya bagi mereka yang sulit mengikuti perkembangan industri 4.0.

Bambang meminta, mahasiswa untuk bisa membuat disrupsi dari kemajuan teknologi dapat dinikmati oleh lebih besar kelompok. Misalnya bagi kelompok pekerja, bagaimana caranya mayoritas pekerja bisa mendapatkan manfaat dari kenaikan produktivitas tersebut.

"Mungkin apakah dia harus berubah jenis pekerjaan, atau mengubah nature pekerjaan dari yang pendidikan umum jadi lebih yang spesifik. Jadi mahasiswa ekonomi harus bisa formulasikan kebijakan pengembangan sumber daya manusia untuk peningkatan produktivitas," katanya.

Bambang Brodjonegoro dan Teten Masduki Merapat ke Istana

Dia mengatakan, meski membuat terjadinya ketimpangan antara masyarakat, namun pada dasarnya perkembangan teknologi tak bisa dihindari. Oleh sebab itu, Indonesia harus mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan tersebut jika tidak ingin semakin tertinggal

"Kita harus adaptif terhadap kemajuan teknologi. Sebagai mahasiswa ekonomi diharapkan paper (penelitian) Anda bukan hanya soal peningkatan produktivitas tapi juga bagaimana produktivitas itu distribusikan," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini