nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Punya Smart Classroom, Mahasiswa FTUI Bisa Lihat Rekaman Perkuliahannya

Delia Citra, Jurnalis · Senin 04 November 2019 16:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 04 65 2125568 punya-smart-classroom-mahasiswa-ftui-bisa-lihat-rekaman-perkuliahannya-vQmtufT88v.jpg Smart Classroom (UI)

JAKARTA - Gedung S Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) meresmikan ruang kelas berbasis pintar atau Smart Classroom oleh Rektor, Dekan FT UI, beserta jajaran pimpinan dari PT Kapal Api Global.

Terdapat dua jenis Smart Classroom yang dibangun di FT UI dengan modern dan interaktif. Kelas yang pertama dilengkapi dengan modular table dan dapat diatur formasinya sesuai dengan mode perkuliahan.

Baca juga:  IMuseum Imeri Didapuk sebagai Museum Cerdas, Isinya Apa Saja?

Smart Classroom ini juga dilengkapi dengan smart board interaktif atau memiliki berbagai fitur canggih untuk mendukung berbagai model pembelajaran. Kapasitas tiap ruang kelas pun bervariasi, dimulai dari 40,60,hingga 100 lebih mahasiswa dapat belajar di tiap ruangan.

 Smart class

“Selama perkuliahan berlangsung, sistem akan merekam kegiatan perkuliahan secara otomatis dan hasilnya dapat digunakan oleh mahasiswa (setelah melalui proses editing di ruang production house) untuk me-review mata kuliah mereka pada hari itu. Hasil rekaman dan hasil diskusi selama perkuliahan di Smart Classroom dapat diakses oleh mahasiswa melalui kanal Learning Management System,” ujar Dekan FTUI, Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng dikutip dari akun resmi UI, Senin (4/11/2019).

 Baca juga:  Ada Kantin Balik Semak? 'Hanya' Anak UI yang Tahu

Acara peresmian dibuka oleh sambutan Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M. Met. Menurut beliau, peluncuran Smart Classroom ini dapat digunakan untuk meningkatkan skill para mahasiswa dalam berkomunikasi dan bekerja sebagai tim dalam memahami sistem pembelajaran secara lebih mendalam.

Selanjutnya konferensi pers dibuka di salah satu ruangan yang nantinya akan menjadi ruang production house untuk dosen dan dapat digunakan sebagai ruang produksi pembuatan video pembelajaran mata kuliah bagi mahasiswa.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini