nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Formasi "Telur Es Aneh" di Pantai Finlandia Jadi Viral di Instagram

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 06 November 2019 18:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 06 18 2126497 formasi-telur-es-aneh-di-pantai-finlandia-jadi-viral-di-instagram-rPbos3laYe.jpg Foto: CC BY-SA 4.0/Aleksandr Abrosimov.

FORMASI es oval aneh yang tercipta dari beberapa faktor cuaca yang kebetulan terjadi Pulau Hailuto, sebelah utara Finlandia, telah membuat warganet tercengang.

Foto-foto "telur" aneh dari berbagai ukuran yang diambil oleh penduduk Oulu dan fotografer amatir Risto Mattila saat berjalan-jalan di pantai terdekat Marjaniemi, Ostrobothnia telah menjadi viral di Instagram. Mattila mengakui bahwa ini merupakan pertama kalinya dia menemukan kumpulan es berbentuk telur oval setinggi 30 meter itu dalam 25 tahun ia tinggal di dekat laut.

“Saya dan istri saya berdiri di sana kagum dengan fenomena alam yang luar biasa. Karena saya membawa kamera, saya memutuskan untuk mengabadikan pemandangan yang tidak biasa ini bagi keturunan saya,” kata Mattila kepada stasiun televisi nasional Yle sebagaimana dilansir Sputnik, Rabu (6/11/2019).

Foto-foto formasi “telur” aneh itu, yang kemudian diterbitkan oleh Yle, membuat publik Finlandia bingung mengenai bagaimana fenomena itu mungkin muncul.

Menurut pakar es Jouni Vainio dari Institut Meteorologi Finlandia meski jarang, ada penjelasan ilmiah mengenai terbentuknya "telur es" tersebut. Dia mengatakan bahwa untuk dapat muncul, mereka membutuhkan kombinasi kondisi udara dan air dalam suhu hampir beku yang jarang terjadi.

"Telur-telur" itu terbentuk di sekitar partikel kecil yang berputar di pasang surut yang dingin, seperti kepingan salju, batu kecil atau bahkan sedikit flotsam, dengan es perlahan-lahan tumbuh di sekitarnya dan dipoles oleh gerakan bolak-balik dari air. Jumlah angin yang tepat adalah kuncinya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini