nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Raja Salman Bertemu Direktur CIA Terkait Pembunuhan Jamal Khashoggi

Agregasi VOA, Jurnalis · Jum'at 08 November 2019 10:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 08 18 2127266 raja-salman-bertemu-direktur-cia-terkait-pembunuhan-jamal-khashoggi-lHVgHod7UQ.jpg Raja Salman bin Abdulaziz (Reuters)

RAJA Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud bertemu dengan Gina Haspel, Direktur CIA atau dinas intelijen Amerika Serikat. Dalam pertemuan berlangsung di Riyadh, Kamis 7 November kemarin, keduanya membahas sejumlah topik terkait kepentingan bersama.

Dalam laporannya, Kantor Berita Resmi Arab Saudi tidak merinci isi pertemuan tersebut, namun pertemuan dilakukan setelah lebih dari satu tahun pasca pembunuhan jurnalis dan kritikus Saudi Jamal Khashoggi.

Khasoggi adalah seorang kolumnis Washington Post dan pengecam pemerintahan Arab Saudi. Ia dibunuh dan dimutilasi di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki.

Baca juga: AS Sanksi 16 Warga Arab Saudi Terlibat Pembunuhan Jamal Khashoggi

VOA melaporkan, pertemuan tersebut juga dilakukan tidak lama setelah dua mantan karyawan Twitter dan seorang warga Arab Saudi dituntut di Amerika Serikat atas tuduhan memata-matai pengguna Twitter yang mengkritisi keluarga kerajaan.Jamal Khashoggi

Jamal Khashoggi (AFP)

Jaksa Penuntut AS menuduh Arab Saudi, yang frustasi akibat meningkatnya kritik terhadap para pemimpin dan kebijakannya di media sosial, membayar karyawan Twitter untuk memata-matai ribuan akun, termasuk lawan-lawan politiknya yang menonjol.

Ketiga terdakwa tersebut diduga bekerja untuk mengungkap identitas pemilik akun Twitter para pengkritik, untuk kepentingan “Anggota Keluarga Kerajaan-1.”

Baca juga: Ada Bukti Putra Mahkota Saudi Terlibat Pembunuhan Jamal Khashoggi

Pengaduan yang dibuka hari Rabu di Pengadilan Distrik San Fransisco Amerika menunjukkan adanya keterkaitan Putera Mahkota Mohammed bin Salman dalam upaya tersebut.

CIA dilaporkan telah mengambil kesimpulan bahwa Putera Mahkota Arab Saudi itu terkait erat dengan pembunuhan Khashoggi.

Putera Mahkota membantah telah mengatur pembunuhan tersebut.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini