nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siasati Mahalnya S2 di Negeri Paman Sam, Ini Tips Kedubes AS

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Jum'at 08 November 2019 14:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 08 65 2127380 siasati-mahalnya-s2-di-negeri-paman-sam-ini-tips-kedubes-as-i4stunAjPH.jpg Kuliah di Amerika (Foto: Okezone.com/Fira)

JAKARTA - Mungkin banyak para pelajar yang akan lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) sedang galau memilih perguruan tinggi di luar negeri untuk melanjutkan pendidikan. Salah satu yang menjadi impian banyak siswa SMA adalah bisa mengenyam kuliah di Negara Donald Trump alias Amerika Serikat.

Namun banyak juga yang gugur dalam mewujudkan impian kuliah di luar negeri. Rendahnya minat belajar ke luar negeri juga didorong beberapa faktor, seperti biaya kuliah yang cenderung mahal, kendala bahasa, dan juga faktor sulit bersosialisasi dengan orang yang berbeda budaya. Tidak heran jika masih banyak para pelajar SMA yang mengurungkan niatnya belajar ke luar negeri.

 Baca Juga: Begini Tips Survive saat Kuliah di Amerika

Menurut Cultural Affairs Assistant Kedutaan Amerika Serikat David Ongkowijoyo membenarkan bahwa kebanyakan orang tidak berminat melanjutkan pendidikan ke luar negeri tepatnya ke Amerika Serikat karena masalah biaya yang menjadi pembelah nomor satu.

Padahal, menurutnya pemerintah Indonesia telah memberikan beasiswa LPDP yang dapat meringankan masalah biaya bersekolah ke Amerika Serikat.

"Memang masalah utama adalah biaya, karena untuk belajar ke Amerika tidak sedikit biaya yang dibutuhkan, tapi pemerintah Indonesia terutama untuk mahasiswa S2 akan memberikan beasiswa LPDP yang bisa digunakan untuk ke Amerika," ujar David dalam acara membidik bilateral antara AS-Indonesia, di Jakarta, Jumat (8/11/2019).

 Baca Juga: 10 Kampus Teknik Terbaik di Amerika dari MIT sampai Coloumbia University

Seperti diketahui, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP merupakan lembaga di bawah Kementerian Keuangan yang menaungi program beasiswa. Program beasiswa yang difasilitasi adalah untuk program Magister atau S2, baik dalam maupun luar negeri, serta program Doktor atau S3 untuk dalam maupun luar negeri juga.

 Kuliah di AS

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini