nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lulus Kuliah di Amerika, Kerjanya Jadi Apa?

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Jum'at 08 November 2019 14:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 08 65 2127389 lulus-kuliah-di-amerika-kerjanya-jadi-apa-QDqZfp42bE.jpg Ilustrasi Kampus (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Mungkin banyak dari para orang tua yang akan membiayai anaknya kuliah di luar negeri bertanya-tanya, akan kerja di mana anak mereka setelah lulus dari perguruan tinggi di luar negeri?

Padahal banyak sekali pekerjaan yang bisa di lakukan oleh anak-anak lulusan luar negeri dan tidak sedikit perusahaan yang sangat melihat background pendidikan calon pegawainya yang lulus dari beberapa universitas luar negeri yang bergengsi.

 Baca Juga: Begini Tips Survive saat Kuliah di Amerika

Menurut Cultural Affairs Assistant Kedutaan Amerika Serikat, David Ongkowijoyo kebanyakan mahasiswa S1 yang lulus dari universitas yang ada di Amerika Serikat banyak yang bekerja di perusahaan-perusahaan Startup.

 kampus

"Sekarang yang lulus S1, banyak yang bekerja di startup company, seperti Gojek, Tokopedia. Karena mereka pendirinya lulusan AS, jadi banyak pegawainya yang juga lulusan dari AS," ujar David dalam acara membidik bilateral antara AS-Indonesia lewat Lensa Jurnalistik, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

 Baca Juga: 10 Kampus Teknik Terbaik di Amerika dari MIT sampai Coloumbia University

Meskipun kebanyakan lulusan dari Amerika Serikat bekerja di Startup Company, tetapi menurut David sebenarnya tergantung dari jurusan apa yang kamu tekuni selama belajar di AS. Jadi tidak ada standar khusus yang menjadi patokan untuk lulus dari AS akan bekerja di startup Company.

"Sebenarnya bingung kalau ditanya akan bekerja menjadi apa setelah lulus dari Amerika Serikat, karena semuanya tergantung dari major yang dipilih dari awal, karena itu kan minat masing-masing orang," tambahnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini