nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Ketua Alumni STAN, Helmy Yahya Bantu Jokowi Cetak SDM Berkualitas

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 10 November 2019 14:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 10 65 2128013 jadi-ketua-alumni-stan-helmy-yahya-bantu-jokowi-cetak-sdm-berkualitas-SLGueVKwsq.jpg Helmy Yahya Jadi Ketua Ikanas STAN (Foto: Okezone.com/Giri)

TANGERANG - Helmy Yahya terpilih sebagai Ketua Ikatan Alumni Pendidikan Kedinasan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (Ikanas STAN) masa jabatan 2019-2022. Helmy terpilih sebagai ketua menggantikan Ketua Ikanas STAN presidium 2016-2019 yaitu Cris Kuntadi.

Dalam pemilihan ini, juga menetapkan Irwanda Wisnu Wardhana sebagai wakil ketua Ikanas STAN, mendampingi Helmy. Irwanda sebelumnya merupakan Direktur Eksekutif Pusat Kajian Kebijakan Publik Ikanas STAN.

Baca Juga: Sri Mulyani Sentil Mahasiswa STAN soal Eksklusivitas

Ditemui usai kongres, Helmy Yahya mengatakan, ingin membantu meningkatkan skill kualitas SDM dari mahasiswa STAN. Salah satu caranya adalah dengan secara intens melakukan pelatihan-pelatihan dan juga konseling dengan para alumni.

Apalagi para alumni juga memiliki latar belakang yang cukup beragam. Ada yang bekerja di instansi pemerintahan, ada pula yang bekerja di perusahaan milik negara alias Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan ada juga yang bekerja di perusahaan swasta.

Baca Juga: Sri Mulyani Tak Ingin Alumni STAN Ikuti Jejak Gayus Tambunan

Sehingga begitu mahasiswa ini menjadi alumni pun memiliki skill yang beragam dan tidak melulu pada jurusan yang diambilnya. Hal ini juga sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo dalam lima tahun ke depan yang ingin meningkatkan kualitas SDM.

"Jadi lagi-lagi ini link and match ya alumni STAN tersebar di mana-mana ada yang jadi artis, ada yang jadi pengusaha, ada yang menjadi tokoh milenial itu yang akan kita undang barang kali seminggu sekali akan melakukan sharing session di mana alumni-alumni sukses, alumni alumni inspiratif masuk ke kampus," ujarnya saat ditemui di Kampus PKN STAN, Tangerang Selatan, Minggu (10/11/2019).

Helmi Yahya

Selain itu diakui Helmy banyak sekali pekerjaan rumah yang akan dilakukan bersama Wisnu dan anggota Ikanas STAN lainnya. Salah satunya, Helmy berencana untuk melibatkan alumni STAN yang sudah menjadi doktor untuk mengisi sejumlah seminar yang menjadi minat dan usulan pada mahasiswa.

Sebab bagi Helmy, Ikanas STAN harus menjadi semacam connecting dot yang saling menghubungkan para alumni STAN, baik yang memiliki masalah dalam karier maupun yang memiliki ide untuk disumbangkan. Oleh karenannya dirinya juga akan melakukan rebranding di tubuh Ikanas STAN.

"Kami punya motor, menjadikan Ikanas rumah yang nyaman bagi seluruh alumni,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Ikanas STAN Irwanda Wisnu Wardhana mengatakan, dirinya akan siap membantu Helmy Yahya untuk menjadikan organisasi ini sebagai rumah bagi seluruh alumni maupun calon alumni untuk bertukar pikiran dan pengalaman.

"Pasti kita akan menghubungkan kita (alumni) dengan pabriknya yaitu kampus kita link and match. Kemudian kita juga memberikan bimbingan -bimbingan konseling. Memberikan coaching. Mentoring semacam itu untuk membuat mereka siap dalam dunia kerja, sehingga mereka nanti bisa betul betul optimal berkontribusi untuk NKRI," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini