nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rektor Pertama UGM Dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Senin 11 November 2019 11:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 11 65 2128237 rektor-pertama-ugm-dikukuhkan-sebagai-pahlawan-nasional-QPediflbAz.jpg Rektor Pertama UGM Sardjito Mendapat Gelar Pahlawan Nasional. (Foto: Okezone.com/Dok.UGM)

JAKARTA - Memperingati Hari Pahlawan, Rektor Pertama Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Dr. M. Sardjito, MPH, mendapat gelar sebagai Pahlawan Nasional. Pengajuan Rektor Pertama UGM itu sudah dilakukan sejak 9 tahun lalu.

“Tahun 2011 tim mulai dan Juli 2012 sudah ada surat pengusulan,” papar salah satu anggota tim pengusul, Prof. Dr. dr. Sutaryo, Sp.A (K), dikutip dari laman resmi UGM, Senin (11/11/2019).

Baca Juga: UGM: Prabowo Terpopuler di Medos, Nadiem Makarim Paling Banyak Dicari Netizen

Sadjito sebagai sosok ilmuan sekaligus pejuang ilmuan yang kala itu aktif di dunia pendidikan seperti Budi Utomo. Ia juga mendirikan PMI dan meneliti obat-obatan untuk rakyat dan pejuang kemerdekaan dahulu.

Hari Pahlawan

“Alm. Prof. Sardjito adalah seorang sarjana komplet. Aktif di sosial, budaya, perdamaian, bahkan seni rupa,” tutur Sutaryo.

Baca Juga: Keluarga Alumni UGM DKI Harus Jadi Pelopor Pemersatu Bangsa

Rektor UGM saat ini, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU., ASEAN Eng., mengaku bangga atas pengukuhan gelar Pahlawan Alm. Prof Sardjito. Semoga kita dapat meneladani semangat dan ketulusan almarhum dalam berjuang bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Almarhum Prof. Sardjito adalah ilmuwan pejuang dan pejuang ilmuwan.

Gelar kehormatan sebagai Pahlawan Nasional juga disambut baik oleh keluarga Alm. Prof. Sardjito. Budhi Santoso, salah satu keluarga Sardjito merasa senang akan hal itu, Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh tim yang memperjuangkan Sardjito sebagai Pahlawan Nasional.

“Ini anugerah istimewa bagi keluarga. Atas nama keluarga kami mengucapkan terima kasih kepada tim yang telah memperjuangkan pemberian gelar tersebut,” ungkap Budhi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini