nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Hanya ITB, 4 Perempuan Ini Jadi Rektor di PTN hingga PTS

Hairunnisa, Jurnalis · Senin 11 November 2019 17:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 11 65 2128443 tak-hanya-itb-4-perempuan-ini-jadi-rektor-di-ptn-hingga-pts-PevPAAVVRb.jpg Rektor Unpad Rina Indiastuti. (Foto: Okezone.com/Dok. Unpad)

JAKARTA –Institut Teknologi Bandung (ITB) memiliki rektor seorang wanita yaitu Reini Wirahadikusumah dan ini pertama kalinya dalam sejarah kampus PTN tersebut. Rektor Reini tidak sendirian, ada sejumlah wanita lainnya yang menjadi rektor.

Baca Juga: Dear Mahasiswa Teknik, Cobain Nih Sistem Pelatihan Jarak Jauh Buatan PUPR

Sebut saja yang belakangan viral, seorang wanita muda dan pintar. Yakni, Risa Santoso. Selain itu ada Rektor Universitas Padjajaran, Rina Indiastuti. Berikut adalah daftar 5 rektor perempuan Indonesia, seperti dirangkum Okezone, Senin (11/11/2019).

1. Amany Lubis, Rektor Perempuan Pertama UIN Jakarta

Seperti yang dilansir dari laman Uinjkt , Prof Dr Amany Burhanudin Umar Lubis Lc MA sebagai Rektor baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Periode 2019-2023.

Dilantiknya Amany Lubis sebagai lokomotif baru di UIN Jakarta,membuat sejarah baru di UIN Jakarta sebagai rektor wanita pertama.

Rektor Perempuan

Guru besar Sejarah Politik Islam ini berhasil meraih gelar lulusan terbaik Licence (S1) Universitas Al-Azhar, Kairo, Sastra Inggris, 1988. Setelah pada tahun sebelumnya ia mendapatkan Beasiswa Course on Women Studies di Mcgill University Montreal, Kanada.

2. Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE

Dirinya terpilih sebagai Rektor Universitas Padjadjaran periode 2019-2024.

Baca Juga: 10 Kampus Teknik Terbaik di Amerika dari MIT sampai Coloumbia Universty

Seperti yang dilansir dari laman Unpad Rina merupakan guru besar pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad. Lahir di Kediri, 10 Januari 1961, Prof. Rina menyelesaikan studi Sarjana Ekonomi di Unpad pada 1984, Magister Manajemen Industri di ITB pada 1989, dan Doktor Ekonomi Industri di Osaka Prefecture University, Jepang, pada 1999.

3. Prof. Reini Wirahadikusumah MSCE, Ph.D.,

Dikutip dari laman ITB, Reini berhasil terpilih sebagai Rektor ITB Periode 2020-2025.

Rektor Perempuan

Prof. N. R. Reini D Wirahadikusumah adalah seorang Guru Besar pada Kelompok Keahlian Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) ITB.

4. Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA

Rektor Universitas Hasanuddin wanita yang lahir di Tanjung Karang, 19 April 1964 ini telah menjadi Rektor terpilih Universitas Hasanudin periode 2018-2022.

Rektor Perempuan

Dilansir dari laman Unhas, Dwia dilantik sebagai dosen ke-12 di UNHAS ini akan menjadi rektor wanita pertama yang akan menahkodai empat tahun UNHAS sebagai PTNBH.

5. Risa Santoso

Rektor yang tengah ramai dibahas di media sosial. Pasalnya prestasinya ini membuat kaget khalayak di usianya yang masih 27 tahun, Risa sudah berhasil menjadi rektor di Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang, Jawa Timur.

Banyak orang yang mulai penasaran dengan Risa setelah berita ini keluar. Risa Santoso sendiri telah menamatkan pendidikan S2 di Harvard University jurusan Pendidikan. Sebelumnya, ia menamatkan pendidikan S1 di University of California Berkeley.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini