nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Arahan Jokowi soal Program Pendidikan dan Beasiswa, Harus Dikawal Sebaik-baiknya!

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 12 November 2019 17:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 12 65 2128922 4-arahan-jokowi-soal-program-pendidikan-dan-beasiswa-harus-dikawal-sebaik-baiknya-ocrLygN5HF.jpg Presiden Jokowi (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan empat arahannya dalam rapat terbatas program pendidikan dan beasiswa di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Pertama, Jokowi menekankan pentingnya pembenahan sistem pendidikan agar sumber daya manusia (SDM) Indonesia mampu merespons perubahan yang berjalan sangat cepat.

"Agar lebih fleksibel agar lebih adaptif dengan perubahan dunia yang kita alami," kata Jokowi.

Baca Juga: Temui Sekjen PBB, Anak-Anak Muda Ini Incar USD10 Juta untuk Pendanaan Pendidikan Global

Kedua, Kepala Negara menekankan bahwa diperlukan sejumlah langkah terobosan yang cepat dengan memanfaatkan infrastruktur dan kemajuan teknologi yang ada.

"Sehingga perwujudan dari pemerataan akses dan kualitas pendidikan yang bisa menjangkau rentang geografis negara yang sangat luas betul-betul bisa laksanakan karena mencakup 17 ribu pulau dan 300.000 sekolah yang ada yang kita miliki," tuturnya.

Momen Presiden Jokowi dan Surya Paloh Rangkulan & Berpelukan 

Jokowi dalam arahannya yang ketiga program beasiswa dan pendidikan juga harus menjangkau pembangunan infrastruktur pendidikan terutama rehabilitasi gedung-gedung sekolah baik SD, hingga tingkat SMA.

"Sekolah yang rusak yang ini akan sangat membahayakan anak kita, walaupun ini adalah wilayah ranah kewenangan daerah dan mestinya harus menjadi fokus perhatian Pemda namun saya minta ada skema program bersama antara pusat dan daerah dalam melakukan percepatan rehabilitasi gedung-gedung yang rusak, baik rusak sedang maupun rusak ringan," tuturnya.

Baca Juga: Wali Murid Keluhkan Mahalnya Biaya Pendidikan di Kota Santri

Sedangkan yang keempat, Jokowi ingin beasiswa diberikan ke pelajar dengan mengimplementasikan penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan KIP kuliah dan program-program beasiswa agar dikawal dengan sebaik-baiknya.

"Sehingga tepat sasaran jangan sampai mereka yang ada yang putus sekolah karena urusan biaya pendidikan," pungkasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini