nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aplikasi Medical AI, Layanan Kesehatan Buatan Lingga Mahasiswa UNS

Hairunnisa, Jurnalis · Rabu 13 November 2019 11:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 13 65 2129221 aplikasi-medical-ai-layanan-kesehatan-buatan-lingga-mahasiswa-uns-UTxQ4UnSUc.jpg Ilustrasi Kecerdasan Buatan. (Foto: Okezone.com/Huffington Post)

JAKARTA - Artificial Intelegent (AI) atau yang disebut sebagai aplikasi kecerdasan buatan, kini makin sering dipergunakan. Dalam segala lini kehidupan manusia seperti di bidang kesehatan.

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Statistika Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Lingga Aji Andika membuat ide yang mengangkat tema aplikasi Medical Artifical Intelegence sebagai cara atau metode baru dalam hal pelayanan kesehatan pada masyarakat yang berbasis aplikasi.

Baca Juga: Bermodal Semangat, Cukat Ainun Berhasil Juara Karate

"Dengan adanya aplikasi ini diharapkan pemanfaatan AI dalam aplikasi dapat membantu mempermudah masyarakat Indonesia dari berbagai sisi, seperti pasien yang dapat ditolong dengan segera menggunakan aplikasi, rumah sakit yang mampu meningkatkan pelayanan kesehatan,” ujar Lingga, dalam keterangan UNS, Rabu (13/11/2019). 

Layanan Kesehatan

Lingga mengatakan, dalam makalah Medical AI ini bukan sekadar sebagai aplikasi yang memberi informasi tentang kesehatan, konsultasi online, ataupun healthy tracking, tetapi lebih dari itu. Medical AI memanfaatkan sebuah metode AI yang disebut machine learning dan lebih khusus adalah penerapan deep learning.

Baca Juga: Tips Sukses dari Lulusan Terbaik UNS: Jangan Lupa Tekad dan Tujuan

“Impact dari Medical AI yang lebih besar kepada masyarakat merupakan salah satu tujuan dari inovasi Medical AI terbentuk,” ujar Lingga.

Atas idenya tersebut, Lingga pun berhasil menjadi juara di ajang Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF) Innovation Awards, yang diselenggarakan di ICE BSD Tangerang, Sabtu November 2019 .

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini