nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mama Papa Terlalu Ikut Campur Masalah Kuliah? Kamu Harus Lakukan Ini!

Hairunnisa, Jurnalis · Rabu 13 November 2019 20:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 13 65 2129539 mama-papa-terlalu-ikut-campur-masalah-kuliah-kamu-harus-lakukan-ini-HuaL3eYFA2.jpeg Milenial (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Momen masuk perguruan tinggi negeri seharusnya menjadi yang waktu bersemangat dalam hidup kita, sampai-sampai tidak ada orang tua yang tidak ikut campur dalam urusan perkuliahan ini.

Baca Juga: 5 Tips untuk Calon Mahasiswa Baru yang Wajib Diketahui, Harus Bisa Bersosialisasi

Dari mulai survei kampus, melakukan tes tertulis, tes wawancara, dan lainnya untuk memulai persiapan masuk universitas, pasti selalu didampingi oleh orang tua.

Terkadang banyak anak-anak yang merasa tertekan dengan tingkah laku orang tuanya untuk memaksa anaknya masuk ke universitas yang paling bagus. Tidak banyak terjadi perselisihan antara orang tua dan anak, sampai-sampai tidak diberi uang jajan, atau kabur dari rumah.

kampus

Untuk mencegah itu semua, kamu harus mengikuti beberapa cara yang sesuai untuk menangani mereka dalam proses kamu masuk kuliah, seperti yang dilansir dari hercampus, Rabu (13/11/2019):

1. Akui kehadiran mereka

Kalian harus menanggapi semua saran yang diberikan oleh orang tua. Misalnya, saat orang tuamu inginkan kamu masuk ke universitas yang sama dengan orang tuamu.

Lebih baik kamu ikuti saja saran itu, karena belum tentu kamu diterima di universitas yang sama dengan orang tuamu juga.

Baca Juga: 4 Cara Mahasiswa Baru Beradaptasi, Anti Deg-degan di Kampus

2. Batasi orang tua

Kamu harus bisa menahan atau membatasi orang tuamu dalam memberikan saran masuk kampus, jangan sampai kamu terlalu terpaku pada perkataan orang tuamu hingga membatasimu dalam berekspresi.

3.Yakinkan pilihanmu pada orang tua

Dalam hal ini kamu harus bisa meyakinkan kepada orang tuamu untuk dalam memilih kampus pilihanmu sendiri.

Jelaskan semua yang kamu pahami tentang kampus pilihanmu agar orang tuamu tidak curiga dan khawatir.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini