nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rayakan Maulid Nabi Muhammad, Pemimpin Iran Ampuni Ribuan Tahanan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 08:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 14 18 2130044 rayakan-maulid-nabi-muhammad-pemimpin-iran-ampuni-ribuan-tahanan-x4dIzdpQMS.jpg Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei. (Foto: Reuters)

TEHERAN - Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei telah mengampuni ribuan tahanan termasuk 32 aktivis dan tahanan lainnya yang ditahan atas tuduhan "keamanan". Laporan dari lamam yudisial menyebutkan bahwa ke-32 tahanan tersebut sebagian besar merupakan jurnalis dan mahasiswa universitas, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Pengampunan lebih dari 35.000 tahanan itu mengikuti hari libur Islam yang menandai ulang tahun Nabi Muhammad SAW. Pengampunan massal itu tidak berlaku bagi mereka yang dihukum karena oposisi bersenjata terhadap negara.

Laporan yang dilansir Associated Press mengatakan pengampunan itu diminta oleh kepala peradilan Iran, Ayatollah Ebrahim Raisi, seorang ulama berpengaruh di kalangan konservatif Iran.

Pada Februari, Khamenei mengampuni lebih dari 50.000 orang, jumlah terbesar yang pernah diliput dalam satu grasi. Pengampunan itu dilakukan untuk memperingati 40 tahun Revolusi Islam yang menggulingkan monarki pro-Barat di Iran.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini