nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelajari Astronomi, Ini 5 Fakta Venus si Kembaran Bumi

Hairunnisa, Jurnalis · Kamis 14 November 2019 16:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 14 65 2129857 pelajari-astronomi-ini-5-fakta-venus-si-kembaran-bumi-1DumRUChT9.jpg Planet Venus. (Foto: Okezone.com/Nypost)

JAKARTA – Mahasiswa Astronomi pasti tahu kalau planet sistem tata surya itu ada delapan, salah satunya planet venus. Menempati urutan kedua menjadi salah satu planet yang paling berdekatan dengan matahari ini menyimpan berbagai fakta yang hampir tidak diketahui oleh banyak orang.

Apa saja sih yang perlu dipahami mahasiswa Astronomi soal planet kembar? Berikut ini adalah 5 fakta aneh tentang venus seperti dikutip britannica.com, Kamis (14/11/2019).

1. Venus adalah kembaran bumi

Jika banyak yang bilang kembaran bumi itu planet apa? Jawab saja itu adalah Venus. Berat venus hanya sekitar 0,81 dari berat bumi.

Baca Juga: Ciptakan Pegar, Peneliti Utama Balitbang PUPR Dapat Gelar Profesor

Radius venus dalam mengelilingi matahari adalah 6.052 km (3.760,5 mill), sedangkan bumi adalah 6.378 (3.963 mil). Karena ukuran mereka sangat sebanding, itu berarti mereka memiliki kepadatan yang kira-kira sama dan, dengan komposisi yang sama.

Luar Angkasa

2. Venus lebih panas akibat efek rumah kaca

Atmosfer Venus sangat tebal karena mengalami efek rumah kaca yang sangat besar dan memanaskan planet ini. Meskipun Venus jauh lebih dekat ke Matahari daripada Bumi, planet ini menyerap lebih sedikit sinar matahari karena awannya yang tebal.

Baca Juga: Saat Dehidrasi Air Putih Ternyata Pilihan Kedua, Jadi Minum Apa?

Sinar matahari ini diserap dan diradiasi ulang sebagai radiasi infra merah. Di Bumi, radiasi infra merah dilempar kembali ke ruang angkasa. akhirnya membuat planet venus dipenuhi awan karbon dioksida yang tebal dan terjebak radiasi inframerah, sehingga membuat planet ini panas.

3. Venus memutar jalan yang berbeda dari planet lain

Dalam tata surya terdapat dua planet yang berputar dalam mengelilingi matahari ke arah yang berbeda yaitu venus dan uranus. Karena inilah venus menjadi planet dengan hari yang panjang, dibandingkan dengan hari di bumi. Masalah ini masih dipertanyakan "mengapa Venus berputar ke arah lain?"

4. Udaranya berputar lebih cepat

Venus berputar mengelilingi matahari setiap 243 hari, sedangkan atmosfer diatasnya berputar setiap 4 hari. Banyak yang berspekulasi bahwa ini ada hubungannya dengan pasang surut yang disebabkan oleh matahari. Teatapi belum ada yang menyebutkan penyebab pastinya. 

Luar Angkasa

5. Atmosfirnya bisa mengandung kehidupan

Tekanan udara di venus dapat ditemukan dengan mengamati gerakan garis-garis gelap pada atmosfernya. Permukaan Venus hampir 482°C (900°F), tetapi antara 50 dan 60 km (31 dan 37 mil) di atas permukaan. Suhu dan tekanannya udaranya sama dengan yang ada di permukaan bumi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini