nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Jadi Ilmuwan Kelas Dunia? Begini Caranya

Hairunnisa, Jurnalis · Kamis 14 November 2019 17:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 14 65 2129879 mau-jadi-ilmuwan-kelas-dunia-begini-caranya-nQZW1RjIhA.jpg Ilustrasi Mahasiswa. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Menjadi seorang ilmuwan berkelas dunia tidak mungkin terjadi dalam satu malam saja, melainkan perlu adanya kerja keras dan belajar yang rajin.

Bagi yang ingin menjadi seorang ilmuwan, apalagi kelas dunia, kalian bisa menyimak saran dari Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumaryanto. Dia membagikan ilmu tentang kunci menjadi ilmuwan berkelas dunia.

Baca Juga: Tak Hanya Makanan, Limbah Singkong Bisa Jadi Biostarter Kompos

“Kita juga harus sering mendengarkan isu global untuk melihat posisi Indonesia dalam riset dunia. Kemudian kita juga harus terbiasa melihat, mengkaji, dan menggambarkan fenomena di sekeliling kita. Hal itu akan mengembangkan kemampuan teori kita. Juga, jangan jadikan penghargaan sebagai tujuan, tetapi bonus,” ujar Prof. Josaphat, seperti yang dikutip dari UNS, Kamis (14/11/2019).

Ilmuan

Ada beberapa kepribadian yang harus dimiliki jika ingin menjadi ilmuwan berkelas dunia. Yakni berkepribadian sopan dan santun dengan selalu semangat, pertahankan cita-cita menjaga harga diri, berbicara dan berpikir positif.

Baca Juga: Aplikasi Medical AI, Layanan Kesehatan Buatan Lingga Mahasiswa UNS

“Untuk menjadi ilmuwan berkelas dunia kita harus selalu optimis dengan masa depan, memiliki semangat tinggi, dan mampu bangkit dari kegagalan. Lalu bagikan pengetahuan yang kita punya ke seluruh dunia,” imbuhnya.

Mahasiswa sendiri memang dituntut memiliki soft skill sebagai bekal menjalankan beragam bidang profesi, salah satunya ilmuwan.

Karena sebuah institusi pendidikan pun harus menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi unggul secara global.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini