nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenapa Lukisan Mona Lisa Sangat Terkenal? Ini Faktanya

Hairunnisa, Jurnalis · Kamis 14 November 2019 18:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 14 65 2129935 kenapa-lukisan-mona-lisa-sangat-terkenal-ini-faktanya-2yy87aqAEU.jpg Leonardo da Vinci (Foto: A&E Biography)

JAKARTA - Walaupun kalian bukan seorang pecinta seni, pasti kalian tahu lukisan Mona Lisa. Karya milik Leornado da Vinci sudah dibuat sejak 5 abad yang lalu. Salah satu karya terkenalnya ini masih terpajang dan terawat hingga kini, di Museum Louvre, Paris, Prancis.

Potret indah dari seorang wanita yang diberi nama Mona Lisa ini sangat memikat pengunjung dari waktu-waktu. Pengunjung bahkan rela sudah mengantre sebelum museum dibuka hanya untuk melihat lukisan ini dari dekat. Karena ketenarannya inilah membuat beberapa orang menjadi bingung dan heran, mengapa lukisan ini bisa terkenal hingga belantara dunia.

Baca Juga: 10 Karya Leonardo da Vinci Paling Terkenal, Nomor 1 Mona Lisa

Berikut adalah 5 fakta yang perlu mahasiswa seni ketahui, seperti dikutip Britannica, Kamis (14/11/2019):

1. Potret Monalisa pernah tren di zamannya

Pada saat lukisan ini baru saja selesai di lukis, ternyata banyak orang yang meniru pose tiga perempat di lukisan ini.

2. Pernah dicuri

Pada abad ke-19 ternyata lukisan ini pernah di curi dan menggemparkan media yang kemudian menarik perhatian dunia. Ketika kejahatan itu terbongkar kepublik di 22 Agustus tahun 1911, sangat menimbulkan sensasi dan membuat orang berbondong-bondong datang ke Louvre untuk melihat tempat yang lukisannya dicuri ini. Setelah kabar ini terbongkar di seluruh penjuru dunia membuat direktur museum mengundurkan diri.

monalisa

3. Lukisan yang pernah tur dunia

Lukisan ini melakukan tur ke Amerika Serikat pada tahun 1963 dan ke Jepang pada tahun 1974. Mona Lisa melakukan perjalanan ke Amerika Serikat menggunakan kapal laut dan menarik sekitar 40.000 pengunjung per hari ke Museum Metropolitan di New York City dan Galeri Seni Nasional di Washington, DC.

4. Lukisan yang sering dijadikan materi seni

Di Indonesia sendiri lukisan ini mulai dikenalkan dalam bentuk materi pelajaran kesenian. Dari mulai tingkat SMP hingga memasukki kuliah kesenian, pasti lukisan ini menjadi salah satu materi pelajaran kesenian di sekolah ataupun di kampus.

Baca Juga: Desain Sketsa Jembatan Ciptaan Leonardo da Vinci yang Tak Pernah Dibangun

5. Lukisan wanita tanpa alis

Ternyata banyak orang yang tidak menyadari bahwa lukisan Mona Lisa ini tidak memiliki alis, lukisan ini dibuat sebagus mungkin, sehingga para pengunjung tidak menyadari ternyata lukisan Mona Lisa ini tidak memiliki alis.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini