nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Taman Parkir Kampus Jadi Lebih Asri berkat Sayur Hidroponik

Hairunnisa, Jurnalis · Kamis 14 November 2019 20:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 14 65 2129986 taman-parkir-kampus-jadi-lebih-asri-berkat-sayur-hidroponik-8AMwfTKYeo.jpg Dosen UI (Foto: Universitas Indonesia)

JAKARTA - Dalam rangka mendukung kampanye kampus hijau, Dosen Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) Yuli Indrawati berhasil mengubah taman di areal parkir belakang kampus FHUI Depok menjadi spot cantik yang asri, ikonik dan instagramable.

Yuli berhasil hanya dalam waktu 40 hari mengelola tanaman hidroponik dan kini telah tumbuh menjadi tanaman siap panen.

Sayuran ini lebih besar, bersih, dan sehat karena tidak menggunakan pestisida dan diambil langsung dari tempat tanamnya. Sayuran yang dipanen dibagikan kepada para dosen dan tenaga Pendidikan Universitas Indonesia.

Baca Juga: Kurangi Limbah Plastik, 3 Mahasiswa Ciptakan Teknologi Mikrofilter

“Saya mengusulkan untuk membangun taman hidroponik di dalam kampus FHUI agar dapat turut mendukung kampanye UI green campus. Tanaman hidroponik memiliki keunggulan dapat memanfaatkan lahan terbatas, tanpa kotor, tanpa pestisida dan pengelolaannya dapat dilakukan oleh setiap sivitas akademika atau bahkan pensiunan FHUI karena tidak memakan waktu lama – cukup menyisihkan waktu 10 menit perawatan, tanaman dapat dipastikan tumbuh sehat.” tutur Yuli, seperti yang dilansir laman UI, Kamis (14/11/2019).

Kampus UI

Universitas Indonesia sendiri akan menggunakan program ini sebagai pengembangan laboratorium pertanian dan lahan percontohan. Pensiunan dosen dan karyawan yang dilatih dapat bertindak selaku mentor bagi karyawan UI ataupun pihak yang berminat untuk mempelajarinya.

“Kami berharap, konsep “green campus” dengan hidroponik melalui pemberdayaan pensiunan dan karyawan fakultas dapat dikembangkan dan diterapkan di UI maupun instansi lain.” imbuhnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini