nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapal Induk China Berlayar Melalui Selat Taiwan Bikin Taipei Kesal

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 18 November 2019 14:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 18 18 2131251 kapal-induk-china-berlayar-melalui-selat-taiwan-bikin-taipei-kesal-QdgvoWwABF.jpg Kapal induk milik CHina buatan dalam negeri. (Foto/AFP)

BEIJING - China telah mengonfirmasi bahwa kapal induk buatan dalam negeri terlah berlayar melaui selat Taiwan untuk pelatihan dan tes rutin membuat Taipei kesal.

Kapal, yang belum disebutkan namanya, adalah kapal induk kedua China. Kapl tersebut akan menambah kekuatan untuk angkatan laut China, saat negara itu menghadapi ketegangan dengan Taiwan dan tetangga-tetangga kawasan di sekitar Laut Cina Selatan yang disengketakan.

Kapal induk itu melintasi perairan sensitif pada Minggu 17 November 2019 sebelum memasuki Laut China Selatan.

Melansir AFP, Senin (18/11/2019) Juru Bicara Angkatan Laut China Cheng Dewei mengatakan kapal berlayar untuk tes penelitian ilmiah dan pelatihan rutin.

Cheng mengatakan itu adalah " normal" bagi kapal yang sedang diuji untuk melakukan uji coba lintas wilayah.

"Itu tidak ditujukan pada target spesifik dan tidak ada hubungannya dengan situasi saat ini," kata Cheng tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Menteri luar negeri Taiwan Joseph Wu mencuit bahwa China "bermaksud untuk campur tangan dalam pemilihan Taiwan", menambahkan: "Pemilih tidak akan diintimidasi!"

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan telah mengirim kapal dan pesawat untuk melacak dan memonitor pergerakan kapal induk, dan bahwa kapal-kapal AS dan Jepang berada di selat Taiwan.

China, yang melihat Taiwan yang demokratis sebagai bagian dari wilayahnya, telah meningkatkan latihan militer di sekitar pulau itu sejak Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berkuasa pada tahun 2016.

Tsai - yang telah menyuarakan dukungan bagi gerakan pro-demokrasi Hong Kong - menggambarkan pemilu sebagai perjuangan untuk kebebasan dan demokrasi Taiwan.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini