nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belajar Membuat CV Zaman Now, Jadi Sarana Self Branding

Hairunnisa, Jurnalis · Selasa 19 November 2019 15:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 19 65 2131777 belajar-membuat-cv-zaman-now-jadi-sarana-self-branding-bVNP2NFCjb.jpg Pekerja (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA – Salah satu faktor utama kualifikasi saat akan melamar kerja adalah bagaimana isi dari Curriculum vitae (CV) kita. Melihat bahwa petingnya dalam pembuatan CV dalam dunia kampus, Bidik MISI Insitut Teknologi Sepuluh Nopember (BIMITS) menggelar kegiatan Curriculum Vitae Training Class pada 16 November kemarin.

Seksi Konseling & Kewirausahaan pada bagian Pengembangan Keilmuan dan Kompetensi Mahasiswa (PK2M) ITS Rustini Hendra Wardani S Psi, mengungkapkan, dalam menulis CV diperlukan kejujuran dan pengenalan diri yang baik. Mengingat CV juga berguna sebagai self branding, wanita berkacamata itu pun membagikan kiat untuk mengenali diri masing-masing.

Baca Juga: Mahasiswa Ini Rancang Bendungan Tahan Gempa, Begini Penampakannya

Wanita yang mendalami bidang psikologi ini turut mengajak mahasiswa memahami konten dalam CV yang mengalami beberapa perubahan. Melalui presentasinya yang bertajuk CV Jaman Now, ia mengungkapkan bahwa terdapat perombakan pada sistem penulisan yang ada bagian riwayat pendidikan, keahlian, dan desain.

Contohnya, dulu orang-orang akan menulis secara runtut riwayat pendidikan sedari taman kanak-kanak hingga jenjang kuliah, namun sekarang yang diperlukan hanyalah pendidikan terakhir saja.

CV

“Bahkan, CV sekarang bisa mencantumkan IPK hingga Judul TA,” ujar Rustini, seperti yang dikutip dari its.ac.id, Selasa (19/11/2019).

Seiring perkembangan zaman, CV dengan desain menarik memiliki kualifikasi yang lebih tinggi dalam proses seleksi pekerjaan. “Tidak hanya desain yang menarik, perhatikan juga keruntutan informasi agar enak dibaca” imbuhnya.

Pentingnya CV bagi pelamar kerja, selain dapat memberikan fakta latar belakang seseorang, CV juga dapat menunjukkan kualifikasi yang dimiliki hingga tujuan karir yang diinginkan. “CV dapat menjadi penentu seseorang layak atau tidak memangku jabatan yang dilamar,” ujarnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini