nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Kampus Terbaik yang Fokus dalam Program Daur Ulang Sampah

Hairunnisa, Jurnalis · Kamis 21 November 2019 14:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 21 65 2132714 5-kampus-terbaik-yang-fokus-dalam-program-daur-ulang-sampah-BmQ62LWMlW.jpg Daur Ulang Sampah. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA – Pengolahan sampah atau daur ulang banyak dilakukan oleh berbagai komunitas peduli lingkungan termasuk kampus. Program daur ulang ini juga yang menjadi beberapa universitas.

Berikut ini adalah 5 universitas terbaik di dunia yang menggerakkan program daur ulang sampah, seperri dilansir weforum.org, Kamis (21/11/2019):

1. Universitas College Cork

Pada 2007, mahasiswa di Universitas College Cork (UCC) Irlandia, telah membuat program Go Green Campus untuk meningkatkan program daur ulang dan menangani pengelolaan limbah di lingkungan sekitar.

Baca Juga: Gagal 100 Kali, Mahasiswi Cantik Berhasil Olah Sisik Ikan Jadi Bioplastik

Melalui program ini kampus telah meningkatkan 700% kesadaran daur ulang di sekitar lingkungan kampus dan di tengah masyarakat. Universitas ini menjadi yang pertama mendapatkan Bendera Hijau dari Foundation for Environmental Education sebuah organisasi global yang menanamkan proses daur ulang yang keberlanjutan selama proses pendidikan.

2. Universitas Newcastle

Kampus ini memiliki Tim yang beroperasi pada program dair ulang yang ada dalam departemen perkebunan. Tim ini bertanggung jawab untuk mengatur lingkungan di kampus dan membantu mengurangi penggunaan energi dan emisi dan mempromosikan opsi perjalanan berkelanjutan.

Sampah

Rencananya pada tahun ini universitas akan berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, bekerja menuju pencapaian nol emisi gas pada tahun 2040 nanti.

3. Universitas Dundee

Kampus ini telah berkomitmen untuk mengurangi limbah, mendaur ulang sampah, dan menggunakan bahan daur ulang sampah tersebut untuk kebutuhan sehari-hari. Contohnya adalah membuat perabotan rumah dari bahan bekas, hal ini dapat beguna untuk mengurangi sampah plastik, atau limbah-limbah lainnya.

Baca Juga: Intip Metode Matematika Baru untuk Mengasah Kreativitas Siswa

Universitas ini juga menjual barang-barang daur ulang di toko yang berada di lingkungan kampus dan menawarkan kepada mahasiwa poin daur ulang. Dari point tersebut itulah bisa menghasilkan uang kembali.

4. Universitas Eastern Finlandia

University of Eastern Finland bertujuan menjadikan kampus tanpa kertas, di mana mahasiswa hanya menggunakan hal-hal yang berbau elektronik , seperti kertas di ganti menjadi menulis menggunakan laptop, dan sebisa mungkin menghindari hal-hal yang berbau percetakan yang menggunakan bahan kertas.

Staf dan siswa didorong untuk menggunakan kembali perabotan bekas. Kampus juga berkomitmen untuk meningkatkan daur ulang dan meminimalkan limbah.

5. Universitas Aberdeen

Di Universitas Aberdeen, mahasiswa, staf, dan penduduk setempat didorong untuk menyumbangkan barang-barang elektronik yang sudah rusak untuk didaur ulang . Universitas ini mengikuti rencana pada tahun 2025, yang ingin mengurangi total sampah di Skotlandia sebesar 15% yang meningkat di tahun 2011.

Selain sampah elektronik yang di daur ulang, ternyata pipa air yang di daur ulang juga bisa mengurangi penggunaan air hingga mencapai 100.000 ton per tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini