nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perjuangan Angkie Pelajari Infrastruktur Disabilitas, Sempat Gagal Raih Beasiswa

Rani Hardjanti, Jurnalis · Kamis 21 November 2019 17:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 21 65 2132827 perjuangan-angkie-pelajari-infrastruktur-disabilitas-sempat-gagal-raih-beasiswa-n7kBAYvnA1.png Angkie Yudistia (Foto: Instagram)

JAKARTA - Angkie Yudistia dipilih oleh Presiden Joko Widodo sebagai Staf Khusus Presiden. Wanita disabilitas ini dipercaya membidangi bagian sosial.

Meski disabilitas, namun Angkie mampu menjadi inpirasi banyak orang. Angkie berhasil membalikan situasi dari keterbatasannya sebagai tunarungu menjadi sosok yang 'bersinar'. Ditambah lagi kini menjadi pejabat negara di usia yang masih muda.

Baca Juga: Jokowi Umumkan 7 Staf Khusus dari Kalangan Milenial

Salah satu bentuk komitmen dirinya yang tinggi adalah pada saat dirinya ingin belajar mengenai infrastruktur Australia tentang sistem penyandang disabilitas. Untuk bisa mengeyam pendidikan tersebut tidaklah mudah. Bahkan dirinya pernah gagal untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut. Bagaimana cerita selengkapnya? Berikut ini kisah yang diutarakan Angkie dalam akun Instragram miliknya pada Rabu (20/11/2019).

Ketika di tanya, kenapa kamu ingin mengikuti program @australiaawards ? Jawabanku adalah aku pernah berjanji sama diri sendiri tahun 2007 saat internship di Perth, suatu saat aku ingin kembali ke Australia, untuk belajar lebih banyak dan benchmarking mengenai infrastruktur Australia tentang sistem penyandang disabilitas.

Daaaan 13 tahun kemudian baru akan terwujud dong! keberangkatan Insya Allah bulan januari 2020, aku akan banyak belajar di The University of Sidney dengan Short Term beasiswa dari Pemerintah Australia.

Baca Juga: Jokowi Minta Anak Buahnya Cabut 40 Peraturan Menteri hingga Akhir Tahun

Setelah melalang buana aku belajar banyak tentang isu disabilitas dari Thailand, Uni Europe, United States, dan terdekat Australia. Pengalaman ini yang menjadikan aku kaya akan pengetahuan. Dan pengetahuan itu aku tuangkan dalam ekosistem @thisable.id for Indonesia.

Psstt buat temen-temen ketahui, aku pernah 1x gagal dapet beasiswa ini. Tapi coba lagi, dan diterima. Nanti aku akan banyak sharing saat keberangkatan yah :)

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini