nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Isap Air Seni, Dokter Ini Selamatkan Penumpang Pesawat yang Tidak Bisa Buang Air Kecil

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 22 November 2019 17:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 22 18 2133232 isap-air-seni-dokter-ini-selamatkan-penumpang-pesawat-yang-tidak-bisa-buang-air-kecil-fS8BXLVZw2.jpg Momen Dr Zhang mengisap air seni pria 70 tahun di pesawat. (Foto/We Chat/Daily Mail)

BEIJING - Seorang dokter China mengisap air seni penumpang yang tidak dapat mengeluarkan urinnya karena kondisi akut.

Melansir Daily Mail, Jumat (22/11/2019) Dr Zhang Hong (55), menghabiskan hampir 40 menit mengekstraksi 800 mililiter urin penumpang berusia 70 dengan cara mengisap.

Metode itu dilakukap setelah alat medis darurat yang terbuat dari masker oksigen, jarum pertolongan pertama dan sedotan plastik gagal melepaskan cairan.

"Menyelamatkan orang adalah tugas mendasar seorang dokter," kata Dr Zhang setelah insiden itu.

Insiden itu terjadi pada Selasa 19 November 2019 dalam penerbangan trans-Pasifik 14 jam dari Guangzhou ke New York di dalam pesawat China Southern Airlines 'CZ399.

Tiba-tiba seorang pensiunan yang tidak dikenal tiba-tiba mengalami kesulitan mengosongkan kandung kemihnya.

Maskapai menjelaskan secara rinci di media sosialnya. Menurut pos itu, si pensiunan mencari bantuan dari awak kabin sekitar delapan jam dalam perjalanan.

Foto/Daily Mail

Pramugari kemudian mulai mencari profesional medis di pesawat untuk mendapatkan saran. Dr Zhang, seorang ahli bedah vaskular di Rumah Sakit Afiliasi Pertama Universitas Jinan, menawarkan diri untuk membantu.

Dokter lain Xiao Zhanxiang, yang bekerja di Rumah Sakit Rakyat Provinsi Hainan, juga kebetulan berada di pesawat dan bergegas untuk memeriksa situasinya.

Dr Zhang mengatakan sang pasien sangat kesakitan saat itu. Perutnya membesar karena air seni terperangkap dan dia sangat berkeringat.

Kedua petugas medis bertanya kepada anggota keluarga pensiunan tentang situasi kesehatannya dan diberi tahu bahwa pensiunan itu menderita pembesaran prostat, yang mereka pikir menyebabkan retensi urin akut pada dirinya.

Foto/Daily Mail

Dr Xiao dan Dr Zhang membuat alat medis sementara menggunakan masker oksigen, jarum pertolongan pertama dan sedotan plastik dalam upaya untuk mengambil urin dari pria itu. Metode ini gagal karena kurangnya tekanan udara dan ruang.

Melihat ini, Dr Zhang segera meminta seorang pramugari untuk memberinya cangkir sebelum memasukkan tabung plastik ke mulutnya untuk menyedot air seni.

Rekaman yang dirilis oleh perusahaan penerbangan menunjukkan ahli bedah itu berulang kali mengisap dan kemudian meludahkan urin ke dalam cangkir.

Pada saat yang sama, Dr Xiao menyesuaikan posisi jarum yang dimasukkan ke dalam kandung kemih pria itu untuk memastikan aliran urin yang lancar.

Kondisi pasien membaik setelah 37 menit dan ia diatur untuk berbaring di baris terakhir kabin selama lima jam penerbangan.

Awak kabin juga membantu pasien untuk mendapatkan bantuan medis setelah pesawat mendarat di Bandara Internasional John F. Kennedy, AS.

Zhang tetap rendah hati ketika ditanya tentang tindakan kepahlawanannya.

“Kami benar-benar tidak memiliki solusi lain pada saat itu, [dan saya] tidak berpikir banyak. [Saya] hanya ingin membantunya melepaskan urin yang tersangkut di kandung kemihnya,” kata dia.

Ia menambahkan, "Menyelamatkan orang adalah tugas mendasar seorang dokter."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini