nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahasiswa RI Berhasil Menaklukan Gunung Es di China dengan Konsep Nirsampah

Hairunnisa, Jurnalis · Jum'at 22 November 2019 14:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 22 65 2133149 mahasiswa-ri-berhasil-menaklukan-gunung-es-di-china-dengan-konsep-nirsampah-6YS8yuG2oP.jpg Mahasiswa RI Taklukan Gunung Es di China (Foto: Unpad)

JAKARTA - Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam Palawa Universitas Padjadjaran, Bandung, telah berhasil menaklukkan Gunung es Haba Xueshan, Yunnan, China, terhitung dari tanggal 28 Oktober sampai 7 November kemarin.

Menariknya pendakian ini mengusung tema 'Pendakian Gunung Nirsampah' (Zero Waste Mountaineering), yaitu sebiah langkah untuk mengurangi pemaikaian limbah plastik.

Baca Juga: Tahu Sumedang Jadi Gantungan Kunci Khas Jabar

Kegiatan pendakian ini dilakukan oleh dua anggota Palawa Unpad, yaitu, Samudra Muhammad Rahman (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) dan Timothy Syalom Gurusinga (Fakultas Teknik Geologi).

Gunung es yang memiliki tinggi 5.396 mdpl ini dipilih karena belum ada kelompok Mahasiswa Pencinta Alam yang melakukan pendakian di tempat ini secara terorganisasi. Selain itu belum ada pula pendaki yang menggunakan konsep nirsampah.

“Ini menjadi tantangan tim PIE, terutama dalam hal manajemen konsumsi,” ujar Samudra, dilansir dari situs resmi Unpad, Jakarta, Jumat (22/11/2019).

Baca Juga: Gandeng Unpad, Ridwan Kamil Bangun Pusat Studi Jawa Barat

Kegiatan sebelumnya juga berhasil menerapkan pendakian nirsampah di tahun 2016 lalu. Saat ini, tim melakukan Ekspedisi berupa pendakian ke Puncak Jaya di Papua. Pada pendakian kali ini, tim telah meningkatkan konsep pendakian nirsampah.

“Pada ekspedisi sebelumya, Palawa hanya memindahkan makanan berkemasan plastik ke dalam wadah yang dipakai berulang. Kali ini, Palawa Unpad lebih meminimalisasi membeli makanan berkemasan plastik, dan menggantinya dengan makanan tradisional seperti dodol, buah, gula merah, daging sapi, dan sayuran. Proses membeli bahan makanan juga menggunakan tas belanja yang dipakai berulang,” jelas Samudra.

Gunung Ee

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini