nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banyak Inovasi Baru, Menteri Bambang Fasilitasi Para Peneliti dan Inovator Muda

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Sabtu 23 November 2019 15:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 23 65 2133562 banyak-inovasi-baru-menteri-bambang-fasilitasi-para-peneliti-dan-inovator-muda-yaFA1gl5EQ.jpeg Bambang Brodjonegoro. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro memberikan bantuan fasilitas inkubasi atau pembinaan bisnis, akses menggunakan laboratorium, dan upaya dukungan atau afirmasi dalam pemenuhan standarisasi produk sebelum dipasarkan. Hal ini menyusul banyaknya pemuda Indonesia yang mengembangkan teknologi baru dengan menjadi peneliti dan inovator.

Menurut menteri Bambang, banyak sekali peneliti muda yang tengah berupaya mengembangkan teknologi saat ini. Tak hanya itu, inovasi tersebut dinilai Bambang dapat menjadi mengurangi ketergantungan negara ini terhadap produk-produk impor ke depannya nanti.

Baca juga: Menristek: Perampingan Eselon Sangat Bisa Dilakukan

"Saya lihat banyak sekali 'startupper' muda maupun yang masih bersemangat muda, yang berupaya selalu mengembangkan teknologi. Mereka tidak berhenti hanya sebagai pemakai teknologi, tapi mereka berusaha mengeksplorasi teknologi yang mereka gunakan itu bisa menghasilkan temuan atau produk inovasi yang malah bisa menjadi pengganti impor dan mengurai ketergantungan kita terhadap produk asing," jelas Menteri Bambang seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu (23/11/2019).

Dirinya juga mendengarkan kemajuan maupun tantangan dari pra inovator tersebut dalam menyesuaikan produk inovasi dengan parameter standardisasi, sebelum dapat digunakan atau dikonsumsi masyarakat. Kesempatan ini berlangsung saat agenda kunjungan kerja ke TBIC Puspiptek, Pusat Penelitian Kimia LIPI, dan Pusat Penelitian Fisika LIPI yang berada di Kompleks Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) 22 Novemeber kemarin.

Bambang Brodjonegoro Tekankan Pentingya Menciptakan Technopreneur  

Pihaknya mengaku, dukungan berupa afirmasi produk inovasi diupayakan untuk diberikan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kepada para 'starupper' yang masih dalam proses standarisasi tersebut. Hal ini terkait dengan banyaknya produk inovasi yang masih baru.

"Intinya saya merasa bersemangat melihat para startupper muda dan yg mempunyai jiwa/semangat muda tadi, tetap berupaya untuk mencari terobosan baru yang tentunya bisa menjadi produk unggulan Indonesia," jelas Bambang Brodjonegoro.

Baca Juga: Menristek Bambang Panggil CEO Tokopedia Hingga Grab, Hasilnya Apa?

Tak hanya itu, Menteri Bambang melihat perkembangan teknologi baterai lithium yang sedang diteliti oleh LIPI yang akan digunakan untuk seluruh kendaraan listrik buatan dalam negeri. Ia pun mendukung para ilmuwan millenial Indonesia untuk melihat dan memanfaatkan alat, mesin, dan teknologi dari pusat-pusat penelitian di kawasan Puspiptek tersebut.

"Tidak ada alasan bagi mereka yang tidak bisa mengembangkan ilmu yang canggih, misalnya nanoteknologi dengan alasan tidak ada alat atau lab karena ini adalah milik pemerintah, siapapun berhak memakai untuk tujuan penelitian," tuturnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini