nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ribuan Warga Venesia Demo karena Sering Banjir dan Dampak Kapal Pesiar yang Mengikis Kota

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 25 November 2019 09:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 25 18 2133977 ribuan-warga-venesia-demo-karena-sering-banjir-dan-dampak-kapal-pesiar-yang-mengikis-kota-cB39tINIjM.jpg Ribuan warga Venesia demo karena sering banjir dan dampak kapal pesiar. (Foto/AFP)

VENESIA - Ribuan warga Venesia demonstrasi pada Minggu 24 November 2019 untuk melampiaskan amarah karena banjir sering menggenangi kota wisata itu dan dampak kapal pesiar raksasa.

Warga melansir AFP, Senin (25/11/2019) berjumlah antara 2.000 hingga 3.000 juga melakukan aksi unjuk rasa memprotes dampak kapal pesiar yang kerap singgah di kota tersebut.

Para pengeritik mengatakan ombak yang diciptakan kapal-kapal pesiar mengikis fondasi kota perairan itu.

Para pedemo meneriakkan slogan-slogan seperti "Venice resisten" dan menyerukan pengunduran diri Wali Kota Luigi Brugnaro.

Baca juga: Venesia Banjir, Italia Dilanda Pasang Tertinggi Dalam 50 Tahun

Foto/AFP

Proyek infrastruktur multi-miliar euro telah berlangsung sejak tahun 2003 untuk melindungi kota Venesia, Italia dari banjir, tetapi telah terganggu oleh pembengkakan biaya, skandal korupsi dan penundaan.

Banjir yang belum pernah terjadi sebelumnya pada awal bulan ini menghancurkan kota itu, menenggelamkan rumah, bisnis, dan gedung-gedung warisan budaya.

"Warga Venesia baru saja mengalami luka yang dalam. Banjir itu membuat kota ini bertekuk lutut dan mengungkapkan kerapuhannya yang ekstrem kepada dunia," kata aktivis Enrico Palazzi kepada AFP.

Venesia terendam banjir pada Minggu, dengan ketinggian air mencapai 130 sentimeter.

Kota Venesia masuk dalam warisan dunia UNESCO, kota bagi bagi sekitar 50.000 orang, sementara sekitar 36 juta orang mengunjunginya setiap tahun.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini