nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UT Wisuda 2.157 Mahasiswa, Lulusan Terbaiknya Gadis Cantik Asal Serang

Hambali, Jurnalis · Rabu 27 November 2019 20:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 27 65 2135232 ut-wisuda-2-157-mahasiswa-lulusan-terbaiknya-gadis-cantik-asal-serang-8GeGGHaU5f.jpg UT wisuda 2.157 mahasiswa (Foto: Hambali/Okezone)

TANGERANG SELATAN - Universitas Terbuka (UT) menggelar prosesi wisuda bagi 2.157 mahasiswanya. Wisuda akademik tahun ajaran 2019/2020 periode I wilayah 3 itu berlangsung di UT Convention Centre (UTCC), Selasa (26/11/2019).

Dalam kesempatan itu, hadir dua tutor berkinerja baik yaitu tutor Tutorial Tatap Muka (TTM) dari Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT Jayapura, Saur Simbolon, dan tutor Tutorial Online (Tuton) dari UPBJJ-UT Majene, Syamsu Alam.

Dari seluruh jumlah wisudawan, terdapat beberapa lulusan dengan nilai terbaik. Salah satunya adalah Ria Kusuma Dewi yang berasal dari UPBJJ-UT Serang, dengan raihan IPK 4.0. Gadis berparas cantik itu, mengaku bangga mendapat prestasi di atas rata-rata mahasiswa lainnya.

"Tentu bangga dengan gelar ini. Sebenarnya musuhnya itu ada dalam diri kita sendiri, yaitu rasa malas. Bagaimana kita harus bis melawan itu dengan banyak membaca modul-modul yang ada," ungkapnya.

Ria pun mengakui, bahwa sedari awal memang berniat mengikuti kuliah di UT. Sebab, hanya kampus itu yang bisa menyesuaikan dengan pekerjaannya di Kementerian. Di mana seringkali dia berpindah-pindah tugas, sehingga sangat sulit jika mengikuti perkuliahan menetap di suatu kampus.

"Dari S1 sampai jenjang Magister S2 ya pilihan utama saya Universitas Terbuka, karena yang bisa mengakomodir pekerjaan saya itu di Universitas Terbuka. Selain itu akreditasinya UT memang memenuhi yang di Kementerian saya," jelasnya.

 Universitas

Sementara itu, Rektor UT Ojat Darojat, menerangkan keberadaan kampus UT bisa menjangkau seluruh putra-putri Indonesia yang berada di seluruh daerah, bahkan hingga ke pelosok. Dengan begitu, misi pemerintahan Presiden Joko Widodo yang berfokus pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dapat berjalan sesuai harapan.

"Pada saat ini fokus pemerintahan kita kan terkait pada peningkatan kualitas SDM, di seluruh tanah air. Sehingga ini merupakan kesempatan yang sangat baik," terang Ojat.

Menurut Ojat, ijazah kampus UT sama dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lainnya. Bahkan, diungkapkan dia, saat ini pemerintah telah mengakselerasi UT menjadi PTN BH (berbadan hukum) atau kategori tertinggi dalam status PTN yang ada.

"Bahkan UT sekarang sedang diakselerasi oleh pemerintah menjadi PTN BH. Perguruan tinggi itukan kategorinya ada tiga, ada PTN Satker biasa, ada PTN-BLU dan terakhir yang paling tinggi teratas adalah PTN BH, dan UT sedang menuju ke sana," ucapnya.

Masih menurut Ojat, pada era induatri 4.0 maka sudah semestinya tiap individu bisa mengakses segala sesuatu lebih mudah, yakni melalui sistem online. Untuk itulah, kata dia, UT menyediakan seluruh fasilitas teknologi yang bisa mendukung mahasiswa belajar jarak jauh, dari berbagai daerah.

"Secara teknologi kita sudah siap. Di mana program jenjang S1, S2, S3, kita semuanya sudah menerapkan teknologi. Saya senang sampai sekarang ada lulusan terbaik, IPK nya 4.0, luar biasa. Padahal sudah bekerja, punya suami, punya keluarga, tapi bisa," tandasnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini