nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pembunuh Jerman Dapat Hak Namanya Dihapus dari Internet

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 28 November 2019 14:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 28 18 2135506 pembunuh-jerman-dapat-hak-namanya-dihapus-dari-internet-W5emKifneT.jpg Fitur pencarian Google. (Foto/Reuters)

KARLSRUHE - Seorang pria Jerman yang dihukum karena kasus pembunuhan pada 1982 mendapat hak agar namanya dihapus dari pencarian di internet.

Kemenangan pria tersebut terjadi setelah pengadilan tertinggi Jerman mengabulkan permintaannya, melansir BBC, Kamis (28/11/2019).

Pengadilan konstitusional di Karlsruhe memutuskan untuk mendukung pria itu, yang dijatuhi hukuman seumur hidup karena membunuh dua orang di kapal pesiar pada 1982.

Namun dia dibebaskan dari penjara pada 2002 dan menginginkan perbuatan kejatahannya tidak dikaitkan dengan nama keluarganya.

Menembak dua orang

Pria itu berada di atas kapal layar Apollonia di Karibia ketika dia menembak dan menewaskan dua orang dan melukai satu lainnya karena pertikaian. Sebuah buku dan dokumenter TV dibuat tentang kasus ini.

Pada tahun 1999, majalah Der Spiegel mengunggah tiga laporan dari 1982 hingga 1983 yang memasukkan nama lengkap pria itu ke situs web mereka. Artikel itu masih dapat ditemukan dengan pencarian Google.

Pria itu mengetahui artikel-artikel mengenai dirinya di internet pada 2009 dan meminta dihapus. Dia mengklaim mereka melanggar hak-haknya dan menghambat "kemampuannya untuk mengembangkan kepribadian," kata sebuah pernyataan pengadilan.

Kasus ini pada awalnya dibatalkan pada tahun 2012 oleh pengadilan federal yang mengatakan bahwa hak privasinya lebih kceil dibanding kepentingan umum dan kebebasan pers.

Tetapi pengadilan konstitusi telah membatalkan keputusan itu dan kasusnya sekarang akan kembali ke pengadilan federal.

Publikasi diperbolehkan menyimpan artikel yang diarsipkan secara online tetapi bisa dipaksa untuk dihapus jika diminta.

Masalah "hak untuk dilupakan" adalah isu yang kontroversial, mengakibatkan perselisihan antara UE dan Google.

(fzy)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini