nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada Jalur Kereta Api di Jateng Rawan Banjir dan Longsor

Taufik Budi, Jurnalis · Jum'at 29 November 2019 14:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 29 512 2135976 waspada-jalur-kereta-api-di-jateng-rawan-banjir-dan-longsor-ConPabTXvd.jpg Ilustrasi Kereta Api (foto: Okezone)

SEMARANG - Jalur Kereta Api (KA) di sepanjang wilayah PT KAI Daop 4 Semarang rawan bencana ketika memasuki musim hujan kali ini. Padahal, dalam waktu dekat jalur tersebut semakin padat untuk menyambut Natal dan Tahun Baru 2020.

"Beberapa contoh daerah rawan tersebut yakni antara Gundih – Karangsono yang rawan longsor dan amblesan, Semarang Tawang – Alastua yang rawan banjir, dan Krengseng – Batang yang rawan longsor dan banjir," kata Kepala Daop 4 Semarang, Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso, Jumat (29/11/2019).

Baca Juga: Mulai Besok, Stasiun Bekasi Layani 3 Pemberangkatan Kereta Jarak Jauh 

Untuk mengantisipasi bencana yang bertepatan dengan masa Angkutan Nataru 2019/2020, PT KAI (Persero) Daop 4 Semarang menyiapkan sejumlah petugas ekstra. Mereka akan bersiaga 24 jam di daerah-daerah rawan.

Ilustrasi Jalur Kereta Api (foto: Istimewa) 

Petugas ekstra yang berjumlah total 192 orang terdiri dari 83 petugas penilik jalan (PPJ) ekstra, 75 penjaga jalan lintas (PJL) ekstra, dan 28 petugas posko daerah rawan jalan rel ekstra. Selain itu, juga disiagakan 6 petugas posko daerah rawan jembatan ekstra.

"Seluruh petugas ekstra disiagakan untuk mengamankan perjalanan KA di sepanjang lintas KA Daop 4 Semarang untuk memantau apabila terjadi rintang jalan atau peristiwa luar biasa (PLH) yang menghambat perjalanan KA," ucap dia.

Dia menambahkan, para Komisaris, Direksi, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, dan Kepolisian pun turun langsung melakukan inspeksi ke sejumlah stasiun pada 10 hingga 12 Desember 2019. Inspeksi ini dilakukan dengan Kereta Inspeksi untuk mengecek kesiapan pelayanan hingga lintasan kereta api di jalur utara dan selatan Jawa.

Baca Juga: PT KAI: Waspada Isu Simpang Siur soal Potongan Harga bagi Lansia hingga Veteran

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini