nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bus Jatuh ke Sungai yang Membeku di Siberia, 19 Orang Tewas

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 02 Desember 2019 17:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 02 18 2136963 bus-jatuh-ke-sungai-yang-membeku-di-siberia-19-orang-tewas-ocuw7n2HrP.jpg Bus membawa 40 penumpang, 19 di antaranya tewas jatuh ke sungai beku di Siberia. (Foto/AFP)

MOSKOW - Sebuah bus penumpang jatuh dari sebuah jembatan ke sungai yang membeku di Siberia menewaskan 19 dari lebih dari 40 orang di dalamnya, kata pihak berwenang.

Bus jatuh akibat salah satu ban meletus saat bus melintasi jembatan di atas sungai Kuenga di wilayah Zabaikalsky di Siberia timur, Rusia.

Kendaraan, yang melakukan perjalanan dari Sretensk ke Chita dan membawa 40 penumpang, tergelincir dari jalan dan ke sungai yang telah berubah menjadi es.

"Sembilan belas orang tewas dan 21 lainnya mengalami luka," kata kantor gubernur wilayah Zabaykalsky dalam sebuah pernyataan melansir AFP, Senin (2/12/2019).

Dua siswa TK dilaporkan menjadi korban tewas.

Baca juga: Dua Pria Tewas Terebus Hidup-Hidup Usai Mobil Masuk Lubang Berisi Air Panas

Baca juga: Dibakar Cemburu, Profesor Terkenal Rusia Bunuh dan Mutilasi Mantan Mahasiswanya

Tayangan siaran televisi nasional memperlihatkan puing-puing bus yang hancur, yang tergeletak terbalik di atas es yang dikelilingi oleh ambulans dan mobil pemadam kebakaran.

Lebih dari 70 orang dan dua helikopter dengan petugas medis terlibat dalam operasi penyelamatan, kata para pejabat.

Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev mengatakan kepada wakilnya Tatyana Golikova untuk segera membantu keluarga para korban.

"Kepala pemerintahan menyatakan belasungkawa kepada keluarga mereka yang meninggal," kata pemerintah dalam sebuah pernyataan.

Komite Investigasi, yang menyelidiki insiden tersebut serta mengatakan telah membuka penyelidikan tentang kemungkinan pelanggaran peraturan keselamatan lalu lintas.

Sopir berpengalaman

Kepala Komite Investigasi yang melapor langsung kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, menuntut penyelidikan terperinci atas kecelakaan mematikan itu.

Para pejabat mengatakan sopir bus yang juga menjadi korban tewas, telah memiliki memiliki pengalaman bertahun-tahun sebagai seorang pengemudi bus.

Kecelakaan di jalan umum terjadi di Rusia, seringkali karena alkohol, kondisi jalan yang buruk dan melanggar peraturan lalu lintas.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini