nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Negara Ini Habiskan Banyak Dana Negara untuk Riset di Universitas

Hairunnisa, Jurnalis · Selasa 03 Desember 2019 16:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 03 65 2137479 5-negara-ini-habiskan-banyak-dana-negara-untuk-riset-di-universitas-O4GTDpmONh.jpg Ilustrasi Penelitian. (Foto: Okezone.com/Weforum)

JAKARTA - The Information Technology & Innovation Foundation mengungkapkan, Amerika Serikat (AS) tertinggal dari negara-negara maju lain soal penganggaran pendanaan untuk penelitian di universitas.

Meski AS diakui masih menjadi rumah bagi universitas dalam melakukan riset terkemuka dunia. Di mana hasil riset kampus dari Negeri Paman Sam itu memainkan peran penting dalam mendorong supremasi perubahan teknologi sejak Perang Dunia Kedua.

Baca Juga: Masalah Ini Ternyata Paling Sering Dihadapi Remaja

Pada 2013, AS menempati peringkat ke-24 dalam pendanaan universitas yang sebagai dan diambil dari PDB. Di tahun berikutnya, peringkat AS melorot ke urutan ke-28.

Riset yang dilakukan oleh universitas memainkan peran penting dalam menghasilkan pertumbuhan ekonomi berbasis inovasi, baik melalui pelatihan ilmuwan dan insinyur serta generasi dan transfer pengetahuan.

Penelitian

Pada 2017, Swiss menginvestasikan 0,76% dari PDB nya untuk penelitian universitas, hal ini 4 kali lebih tinggi dari pendanaan negara bagian dan federal yang ada di Amerika Serikat.

Selanjutanya, Denmark memiliki tingkat investasi tertinggi kedua dengan 0,72%. Pada posisi berikutnya ada Norwegia dengan 0,64%.

Baca Juga: 5 Fakta Perguruan Tinggi di RI dengan Penelitian Terbaik

Meskipun pendanaan investasi untuk riset dari AS jatuh lebih sedikit. Ternyata Amerika masih di memimpin daripada Jepang, Selandia Baru, China dan Rusia.

Berikut ini adalah 5 daftar negara maju yang menghabiskan dana PDB hanya untuk riset di universitas, seperti yang dikutip dari weforum.org, Selasa (03/11/2019).

1. Swiss menghabiskan dana PDB sebesar 0,76% untuk riset di setiap universitasnya.

2. Denmark menghabiskan dana PDB sebesar 0,72% untuk riset.

3. Norwegia telah menghabiskan dana PDB sebesar 0,64%

4. Swedia menghabiskan dana PDB sebesar 0,63%

5. Austria memiliki tingkat investasi sebesar 0,61%

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini