nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Nadiem: Hasil PISA Bukan Hanya Ukur Sistem Pendidikan RI

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Rabu 04 Desember 2019 10:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 04 65 2137741 menteri-nadiem-hasil-pisa-bukan-hanya-ukur-sistem-pendidikan-ri-gCLNPsvBPr.png Nadiem soal PISA (Foto: Instagram)

JAKARTA – Peningkatan sistem pendidikan di Indonesia tampaknya menjadi salah satu misi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Hal ini sejalan dengan tes Programme for International Student Assessment (PISA). PISA adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengevaluasi esitem dari 72 negara di seluruh dunia. Tes yang berdurasi 2 jam ini meliputi evaluasi pelajaran sains, matematika, dan membaca.

Baca Juga: Pidato Menteri Nadiem yang Membuat Tersentak

Oleh karena itu, Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan laporan PISA sangat penting untuk Indonesia karena memberikan sebuah persprektif baru dan angle baru.

"Saya menyebutnya cara belajar. Kita tidak mungkin mengetahui apa yang harus kita perbaiki atau lanjutkan kalau kita tidak dapat perspektif dari luar. Di sinilah kunci kesuksesan belajar, yaitu untuk mendapatkan perspektif dari berbagai macam area bidang,” ungkap Nadiem seperti dikutip Okezone pada akun Instagram @kemdikbud.ri, Rabu (4/12/2019).

Baca Juga: Viral Pidato Nadiem Makarim: Saya Tidak Akan Buat Janji-Janji Kosong

Pada hasil rilis PISA 2018, Mendikbud juga menambahkan pentingnya hasil PISA bukan hanya untuk mengukur sistem pendidikan Indonesia, tapi juga melihat aspek-aspek pendidikan Indonesia yang belum ditekuni.

Hasil tes PISA untuk Indonesia dibacakan oleh Yuri Belfali dari Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). Tidak hanya Mendikbud yang hadir, Kepala Penelitian dan Pengembangan (Litbang), Totok Suprayitno juga menghadiri sekaligus memberikan tindaklanjut Indonesia untuk hasil PISA 2019.

 Nadiem

Sampai saat ini, unggahan 5 foto oleh Kemendikbud sudah disukai sebanyak 8.760 likes dan dikomentari sebanyak 60 komentar. Berikut cuplikan komentar-komentar netizen:

“usul,pemerataan pendidikan lebih diperhatikan, krna kita nda bsa menilai kemajuan pendidikan d Indonesia dri satu daerah sja,” tulis @k*rr*ngkf.

“saya udah baca journal international PISA 2018 + bukunya. Ayooo ibu bapak guru, Kita bergandengan tangan. Jangan lupa stay tune di LIPI channelnya 👍 website kami update, riset kami juga banyak,” komen akun @*nf*rm*n*s.

“Mantulll ( mantap betul),” tulis @chr*st*n*f*ry*t*.

“Keren sebagai bahan evaluasi,” komentar akun @ h_n_c*d***nd*.

“Saya setuju. Untuk menimbulkan kepercayaan diri tentunya harus ada muncul prestasi. Kalo percy diri tanpa skills, itu namanya omdo. Bukan skills dlm arti pljran sklah maksud sy.. Nah, tugas org tua untuk menggali bakat minat dan kemampuan anak. Krn ortu kumpul lebih bnyk drpd siapapun juga,” tulis @*nny_h**.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini