nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendikbud Nadiem: Perubahan Dunia Semakin Rumit dan Tak Bisa Diprediksi

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 04 Desember 2019 15:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 04 65 2137895 mendikbud-nadiem-perubahan-dunia-semakin-rumit-dan-tak-bisa-diprediksi-Liyct55AOH.jpg Mendikbud Nadiem Makarim (Foto: Okezone)

DEPOK - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengungkapkan berbagai tantangan dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul di Indonesia. Tantangan itu tak terlepas dari perkembangan zaman saat ini kental bernuansa digitalisasi.

Hal itu diungkapkan Nadiem saat memberikan pidato dalam acara pelantikan Rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2019-2024 di Balai Purnomo UI, Depok, Rabu (4/12/2019).

 Baca juga: Ari Kuncoro Resmi Dilantik Jadi Rektor UI

"Perubahan di dunia baik dalam industri hingga teknologi kan semakin cepat, rumit, dan tak bisa diprediksi. Arahan Pak Presiden (Joko Widodo) adalah SDM unggul, ini harus diterjemahkan secara konsisten," kata dia.

 Nadiem Makarim

Penciptaan sumber daya manusia yang unggul, menurut Nadiem, bukan hanya pekerjaan pemerintah tapi seluruh lapisan masyarakat, termasuk perguruan tinggi. Dia bilang, dampak terbesar yang bisa diukur dari perguruan tinggi dalam mencetak sumber daya manusia adalah hadirnya pemimpin-pemimpin di masa depan dari para mahasiswa saat ini.

 Baca juga: UI Raih Peringkat 59 Perguruan Tinggi di Asia

Oleh sebab itu, para dosen sebagai tenaga pendidik di perguruan tinggi harus menyadari prioritas dari proses pembimbingan, pembelajaran, dan pencetakan karakter mahasiswa adalah untuk menjadikan pemimpin. Maka seluruh kebijakan dan regulasi yang ditetapkan harus berdampak baik bagi mahasiswa.

"Jadi lima tahun ke depan prioritas nomor satu adalah pada saat mahasiswa tersebut keluar (selesai dari perguruan tinggi) itu dia bisa apa, sesukses apa, dan karakter dia seperti apa. Lima tahun ke depan harus mampu mencetak pemimpin-pemimpin masa depan," katanya.

 Baca juga: Profesi Menjanjikan di Masa Depan? User Researchers dan UX Researchers

Kedatangan Mendikbud Nadiem di Kampus Kuning Depok dalam rangka pelantikan Rektor UI, Profesor Ari Kuncoro oleh Ketua Majelis Wali Amanat UI Saleh Husin pada Rabu (4/12/2019). Dirinya menggantikan posisi Profesor Muhammad Anis yang menjabat sepanjang periode 2014-2019.

Pelantikan Ari berdasarkan Surat Keputusan Nomor 020/SK/MWA-UI/2019 tentang Pemberhentian Rektor UI Periode tahun 2014-2019 dan Pengangkatan Rektor UI Periode tahun 2019-2024. Sebagai Rektor UI, Ari menjalankan tugas dan kewajibannya sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 68 Tahun 2013 Tentang Statute UI.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa apa yang telah saya ikrarkan tadi, akan saya laksanakan dengan sesungguhnya. Semoga Allah senantiasa melindungi dan meridhoi saya," kata Ari menyampaikan sumpah jabatan dalam pelantikan di Balai Purnomo UI, Depok.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini