nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendikbud Nadiem : Kini Gelar Tak Lagi Menjamin Kompetensi

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 04 Desember 2019 15:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 04 65 2137898 mendikbud-nadiem-kini-gelar-tak-lagi-menjamin-kompetensi-FdOJSDQvL5.jpeg Mendikbud Nadiem Makarim. (Foto: Okezone.com/Okezone)

JAKARTA - Di era digital saat ini, gelar tidak lagi menjamin kompetensi. Bahkan gelar kelulusan tidak lagi menjamin kesiapan seseorang dalam bekerja.

Fenomena itu diungkapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem, pada saat memberikan pidato pelantikan Rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2019-2024 di Balai Purnomo UI, Depok, Rabu (4/12/2019).

Baca Juga: Mendikbud Nadiem: Perubahan Dunia Semakin Rumit dan Tak Bisa Diprediksi

Menurutnya, kelulusan tidak mencerminkan kesiapan berkarya dan bekerja. Begitu juga akreditasi tidak lagi menjamin mutu dan kehadiran di kelas tidak lagi menjamin proses belajar.

"Kita sedang memasuki era tersebut. Ini hal-hal yang harus segera kita sadari dan akui," ujar founder GoJek tersebut.

Menurutnya, kalau setiap pihak tidak bisa secara terbuka membicarakan fenomena tersebut, maka kualitas (sumber daya manusia) akan sulit ditingkatkan. "Ini menjadi tantangan kita," kata dia.

Nadiem

Untuk membuat sumber daya manusia (SDM) yang unggul di Indonesia harus bisa menjawab tantangan di era digitalisasi.

"Perubahan di dunia baik dalam industri hingga teknologi kan semakin cepat, rumit, dan tak bisa diprediksi. Arahan Pak Presiden (Joko Widodo) adalah SDM unggul, ini harus diterjemahkan secara konsisten," kata dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini