nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Nadiem: Dosen Harus Merdeka dari Birokratisasi!

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 04 Desember 2019 16:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 04 65 2137942 menteri-nadiem-dosen-harus-merdeka-dari-birokratisasi-5ZllM1F4VG.jpg Mendikbud Nadiem Makarim (Foto: Okezone)

DEPOK - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyatakan, terdapat dua hal untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Keduanya adalah merdeka belajar dan dosen penggerak.

Menurut Nadiem, merdeka belajar artinya memberikan kemerdekaan di setiap jenjang pendidikan, itu akan dilakukan pemerintah dengan memberikan kepercayaan, kebebasan, otonomi kepada institusi pendidikan. Sehingga perguruan tinggi.

 Baca juga: Wujudkan SDM Unggul, Kemendikbud dan BRIN Temui Perwakilan Universitas dari Inggris

"Lembaga perguruan tinggi merdeka dari berbagai macam regulasi dan birokratisasi. Para pendidik dan dosen juga dimerdekakan dari birokrasi," kata Nadiem dalam acara pelantikan Rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2019-2024 di Balai Purnomo UI, Depok, Rabu (4/12/2019).

Nadiem Makarim (Okezone)

Tak hanya lembaga pendidikan, mahasiswa juga diberikan kemerdekaan belajar sesuai kepentingan, kemauan, dan ketertarikan mereka. Menurunya, saat ini pedidikan formal seringkali lebih menjadi starting poin untuk mahasiswa meniti karirnya di masa depan.

Baca juga: Mendikbud Nadiem Makarim: Saya Mulai dari Nol di Bidang Pendidikan

Hal itu umumnya telah terjadi, seperti dirinya yang merupakan lulusan sarjana Hubungan Internasional namun meniti karier yang bergerak di bidang teknologi. "Lalu mengapa kita tidak memberikan kemerdekaan kepada mahasiswa untuk mengambil berbagai macam hal di kampus, di luar kampus, di luar prodi, di luar fakultas. Ini kemerdekaan mahasiswa," jelasnya.

Sementara terkait dosen penggerak, lanjut Nadiem, yakni merubah paradigma peran dosen dari yang sebelumnya sekedar menggurui, ceramah di kelas, dan memiliki informasi yang dibagikan pada mahasiswa. Kini harus menjadi dosen yang memfasilitasi pembelajaran mahasiswa.

Menurut dia, salah satu ciri dari dosen penggerak adalah mampu membawa kelas untuk berdiskusi, bukan malah menjadi penceramah di kelas. "Juga kalau lihat kapabilitas mahasiswa melampaui dia, itu merasa bangga daripada terancam," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini