nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Laba-Laba Bisa Masuk ke Mulut Manusia saat Tidur, Mitos atau Fakta?

Hairunnisa, Jurnalis · Kamis 05 Desember 2019 07:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 04 65 2138033 laba-laba-bisa-masuk-ke-mulut-manusia-saat-tidur-mitos-atau-fakta-LeldyMbeuO.jpg Laba-Laba (Reuters)

JAKARTA – Banyak yang mengira bahwa laba-laba bisa masuk ke dalam mulut manusia, saat tertidur. Sebenarnya itu mitos atau fakta?

Faktanya, laba-laba tidak akan masuk ke dalam mulut manusia yang sedang tertidur. Ada beberapa alasan mengapa laba-laba tidak mengganggu kita dalam tidur. Ketika tidur, manusia secara tidak sadar mengeluarkan suara tersendiri, yakni napas dan detak jantung.

 Baca juga: Ada Sains di Balik Es Puter, Bagaimana Prosesnya?

Dikutip dari keterangan britannica.com, Kamis (5/12/2019), suara-suara tersebut dapat menciptakan sebuah getaran yang membuat laba-laba sangat sensitif. Akibatnya, mereka kemungkinan akan melakukan apa saja untuk menghindari kita.

 Laba-laba

Para ahli mengakui bahwa ada kemungkinan laba-laba bisa masuk ke mulut kamu saat tidur, tetapi kemungkinannya ini sangatlah tipis sehingga bisa diabaikan.

 Baca juga: Bangkitkan Ekonomi Pasca Gempa Lombok, Jason Sudirdjo Bangun Industri Rumah Tangga Minyak Alpukat

Jika seekor laba-laba memanjat ke wajah kamu saat tidur, rasa geli dari delapan kaki kecil di kulit kamu dapat membangunkanmu dengan sangat cepat.

Mitos bahwa manusia menelan laba-laba saat tidur dimulai dari sebuah artikel di majalah terbitan 1993. Di sisi lain, jumlah spesies laba-laba yang berbagi rumah dengan manusia hanya sedikit. Mereka hidup di jaring-jaring sudut ruangan yang sepi aktivitas atau menghuni area di mana manusia tidak membersihkan ruangan tersebut, seperti ruang bawah tanah dan loteng.

 Baca juga: Tumbuhan Venus si Pemakan Lalat, Ternyata Ada 600 Spesies Lainnya

Seorang ahli entomologi menyarankan untuk membiarkannya laba-laba berbagi rumah dengan manusia. Alasannya laba-laba dapat bermanfaat, yaitu bisa memakan banyak hama kecil yang ada di sekitar rumah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini