Tebak, Kuda Tidur Sambil Rebahan atau Berdiri?

Hairunnisa, Okezone · Jum'at 06 Desember 2019 11:51 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 06 65 2138678 tebak-kuda-tidur-sambil-rebahan-atau-berdiri-lWJeeI2zdw.jpg Kuda tidur dalam posisi berdiri atau rebahan?

JAKARTA - Posisi tidur Kuda menjadi pertanyaan banyak pihak. Sebenarnya, hewan berkaki empat ini tidur dalam posisi apa, rebahan atau berdiri?

Hewan yang berspesies mamalia modern dari genus equus ini memang tidur sambil berdiri, tetapi adakalanya juga iya tidur dalam posisi duduk.

Tetapi yang jelas, saat tidur siang kuda melakukannya sambil berdiri. Mengapa demikian?

Baca Juga : Kenapa Kucing Sering Meregangkan Badan dan Tidur Manja?

Menurut hasil penelitian, jika kuda tidur sambil berbaring bisa membahayakan bagi si kuda. Dibutuhkan sedikit usaha bagi kuda untuk bangkit, yang membuat mereka rentan terhadap serangan predator.

Dikutip dari keterangan Britannica, Jumat (6/12/2019), dalam melindungi diri mereka, kuda malah tertidur sambil berdiri. Mereka dapat melakukan ini melalui posisi yang tetap, sistem tendon dan ligamen khusus yang dimilikinya memungkinkan seekor kuda untuk mengunci sendi utama di kakinya. Kuda kemudian dapat bersantai dan tidur siang tanpa khawatir akan jatuh.

Baca Juga : Sejarah Transfusi Darah Dimulai pada 1666, Siapa Pencetusnya?

Namun, ketika kuda butuh tidur nyenyak, mereka berbaring, biasanya untuk serangkaian interval pendek yang jumlahnya sekitar dua hingga tiga jam sehari.

Bahkan saat kuda berdiri di samping kuda yang lain, mereka sering berdiri di dekatnya dan mengintainya secara diam-diam.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini