nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Fakta Rektor Baru UI, Simak Sepak Terjang Ari Kuncoro

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Okezone · Sabtu 07 Desember 2019 09:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 06 65 2138931 4-fakta-rektor-baru-ui-simak-sepak-terjang-ari-kuncoro-7UAjfriBZF.jpeg Pelantikan Rektor UI. (Foto: Okezone.com/Yohana)

JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) mendapatkan rektor baru. Ari Kuncoro menggantikan posisi Muhammad Anis sebagai rektor UI.

Pria yang sebelumnya menjadi Dekan sekaligus Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI ini telah dilantik. Pelantikan ini dihadiri beberapa pejabat, seperti Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Okezone merangkum fakta-fakta seputar Rektor UI, Sabtu (7/12/2019):

1. Sumpah Ari Kuncoro

Profesor Ari Kuncoro resmi menjadi Rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2019-2024 usai dilantik oleh Ketua Majelis Wali Amanat UI Saleh Husin pada Rabu (4/12/2019). Dirinya menggantikan posisi Profesor Muhammad Anis yang menjabat sepanjang periode 2014-2019.

Baca Juga: Pasca-Tsunami Banten, UI Rancang Aturan Desa Tangguh Bencana

Pelantikan Ari berdasarkan Surat Keputusan Nomor 020/SK/MWA-UI/2019 tentang Pemberhentian Rektor UI Periode tahun 2014-2019 dan Pengangkatan Rektor UI Periode tahun 2019-2024. Sebagai Rektor UI, Ari menjalankan tugas dan kewajibannya sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 68 Tahun 2013 Tentang Statute UI.

Rektor UI

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa apa yang telah saya ikrarkan tadi, akan saya laksanakan dengan sesungguhnya. Semoga Allah senantiasa melindungi dan meridhoi saya," kata Ari menyampaikan sumpah jabatan dalam pelantikan di Balai Purnomo UI, Depok.

2. Ari Mengemban Tugas untuk Melanjutkan Social Capital

Dalam pidatonya, Ari menyatakan, terpilih untuk mengembang tugas sebagai rektor periode 2019-2024 bukan mengartikan kemenangan, melainkan melanjutkan kepemimpinan sebelumnya untuk mendorong kemajuan UI. Dirinya mengungkapkan Anis dalam masa kepemimpinan sebelumnya telah berhasil meletakkan social capital atau modal sosial di UI.

Baca Juga: Ari Kuncoro Resmi Dilantik Jadi Rektor UI

"Prof Anis telah meletakkan sosial capital untuk UI, dan rektor selanjutnya bukan pemenang, hanya melanjutkan memupuk social capital," kata dia.

Social capital, lanjut Ari, merupakan kumpulan dari network atau jejarang dari manusia, artinya berkaitan dengan sumber daya manusia. "Sehingga memang apa pun bentuk kebijakannya tetap harus selalu memperhatikan akar budaya dari manusia-manusia yang akan melakukan kebijakan dan yang akan berkaitan dengan kebijakan tersebut," kata dia.

3. Ari Resmi unggul dari 3 kandidat lainnya

Ari resmi menjadi Rektor UI periode 2019-2024 usai dilantik oleh Ketua Majelis Wali Amanat UI Saleh Husin pada Rabu (4/12/2019). Dirinya menggantikan posisi Profesor Muhammad Anis yang menjabat sepanjang periode 2014-2019.

Pelantikan Ari berdasarkan Surat Keputusan Nomor 020/SK/MWA-UI/2019 tentang Pemberhentian Rektor UI Periode tahun 2014-2019 dan Pengangkatan Rektor UI Periode tahun 2019-2024. Sebagai Rektor UI, Ari akan menjalankan tugas dan kewajibannya sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 68 Tahun 2013 Tentang Statute UI.

Adapun Ari terpilih menjadi Rektor UI setelah melalui tahapan seleksi hingga menyisakan tiga calon rektor, di mana dua kandidat calon Rektor UI lainnya adalah Profesor Abd Haris dan Profesor Budi Wiweko. Proses pemilihan rektor terdiri atas penjaringan, penyaringan, dan penetapan, serta pelantikan yang berlangsung mulai dari Mei hingga September 2019.

4. Harapan Sri Mulyani bagi Rektor Baru UI

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi resminya Profesor Ari Kuncoro menjadi Rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2019-2024. Menurutnya, saat ini Ari mengemban tugas lebih besar untuk mampu menciptakan pemimpin-pemimpin di masa depan dari mahasiswa masa kini. 

Sri Mulyani, yang juga merupakan alumnus UI menjelaskan, dalam menciptakan pemimpin di masa depan berarti sejalan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Dalam hal ini, lagi-lagi menjadi tugas penting yang harus dilakukan Ari dalam lima tahun mendatang. 

"UI sebagai universitas tertua dan melahirkan banyak universitas lainnya di Indonesia, berarti memiliki tanggung jawab moral untuk membangun sumber daya manusia, yakni menyiapkan para mahasiswa sebagai pemimpin masa depan," ungkapnya usai mengikuti pelantikan Rektor UI periode 2019-2024 di Balai Purnomo UI, Depok, Rabu (4/12/2019).

Bendahara Umum Negara tersebut menjelaskan, penciptaan sumber daya manusia yang unggul merupakan fokus pemerintah saat ini, sebagaimana menjadi arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sehingga diharapkan, melalui kepemimpinan Ari ke depannya dapat membantu pemerintah mencapai hal tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini