nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lulus Kuliah, 3 Pilihan Ini Bisa Atasi Kegalauan

Hairunnisa, Jurnalis · Sabtu 07 Desember 2019 12:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 06 65 2138953 lulus-kuliah-3-pilihan-ini-bisa-atasi-kegalauan-hiF1SkAXXx.jpg Ilustrasi Mahasiswa. (Foto: Okezone.com/Shuttertock)

JAKARTA - Rasa bahagia dan lega bisa jadi berubah seketika, jika kamu tidak tahu harus melakukan apa usai lulus kuliah. Biasanya persoalan yang dihadapi adalah kegalauan lantaran tidak kunjung mendapat kerja.

Namun, jangan khawatir. Karena ada tiga pilihan yang bisa dijalani oleh pada wisudawan dan wisudawati.

Baca Juga: SBMPTN 2019 Aplikasikan Ujian Tulis Berbasis Komputer, Ini Kelebihannya!

Dekan FISIP I Gusti Putu Bagus Suka Arjawa menjelaskan, ada tiga pilihan yang dapat dilakukan sebagai lulusan perguruan tinggi, (1) Melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi bagi yang suka penelitian (2) langsung bekerja dengan mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh dan (3) mengkreasi pekerjaan dengan pengalaman yang telah diperoleh dengan analisis dan teori yang dipelajari.

"Mengkreasi pekerjaan ini adalah model zaman sekarang, karena sesungguhnya walau dari ilmu sosial, modal dasar untuk mengkreasi pekerjaan telah dimilki yaitu berpikir kreatif, memecahkan permasalahan, dan menemukan solusi permasalahan," ujarnya seperti dikutip dari laman Udayana, Sabtu (7/12/2019).

Baca Juga: Universitas Udayana

Perumusan masalah dalam skripsi merupakan latihan dasar untuk menemukan permasalahan yang sesungguhnya tidak hanya di skripsi tapi di fenomena sosial masyarakat, apakah itu di bidang sosial, politik, budaya, dan ekonomi.

Hal ini sejalan dengan apa yang dikatakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim bahwa kreativitas merupakan tantangan kita di masa akan datang.

“Anda harus yakin menggunakan logika, nalar, dan hasil kreatifitas, dan terlalau banyak sektor yang bisa dikreativitaskan. Sekarang waktunya untuk mengkreatifkan keterampilan Anda melalui logika dan ilmu yg dapat di kampus,” ujar Menteri Nadiem.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini