Trump Peringatkan Kim Jong-un, Sikap Bermusuhan dengan AS Bisa Menghilangkan Segalanya

Rachmat Fahzry, Okezone · Senin 09 Desember 2019 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 09 18 2139683 trump-peringatkan-kim-jong-un-sikap-bermusuhan-dengan-as-bisa-menghilangkan-segalanya-bcBRt4IIvr.jpg Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di demiliterisasi Korea. (Foto/Reuters)

WASHINGTON – Presiden Donald Trunmp memperingatkan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un agar dia tidak menambil sikap bermusuhan terhadap Amerika Serikat (AS).

Pernyataan Trump menanggapi Korut yang baru-baru ini melakukan uji coba roket jenis baru.

"Kim Jong Un terlalu pintar dan bisa kehilangan segalanya jika memilih sikap bermusuhan [dengan AS]," cuit Trump.

Kantor Berita Korut, KCNA melaporkan uji coba dilakukan di Stasiun Peluncuran Satelit Sohae di Korea Utara pada Sabtu 7 Desember 2019, siang.

Foto/AP

Baca juga: Korut: Terserah pada AS untuk "Pilih Hadiah Natal" yang Diinginkan

Baca juga: Trump Bela Biden yang Disebut Korea Utara Anjing Gila

Trump mengatakan dia terkejut dengan sikap bermusuhan Korut, dan menekankan dia memiliki hubungan yang sangat baik dengan Kim.

"Korea Utara, di bawah kepemimpinan Kim Jong Un, memiliki potensi ekonomi yang luar biasa, tetapi harus mendenuklirisasi seperti yang dijanjikan," ujar Trump di Twitter.

"NATO [pakta pertahanan internasional], China, Rusia, Jepang, dan seluruh dunia bersatu dalam masalah ini!"

Trump menjelaskan bahwa Kim jong-un telah menandatangani Perjanjian Denuklirisasi pada pertemuan keduanya pada Juni 2018 di Singapura,

“Dia tidak ingin membatalkan hubungan istimewanya dengan Presiden Amerika Serikat atau mengganggu Pemilu Presiden AS pada November," kata Trump.

Secara terpisah, diwawancarai di program berita CBS TV, Penasihat Keamanan Nasional AS Robert O'Brien ditanya apakah Korea Utara sedang bersiap untuk memulai kembali uji coba nuklir.

"Saya harap tidak. Itu akan menjadi kesalahan Korea Utara," kata O'Brien.

"Kim Jong-un berjanji untuk melakukan denuklirisasi," kata O'Brien. "Dan kami berharap dia memenuhi janji yang dibuatnya di pertemuan puncak di Singapura. Dan kami berharap dia akan melakukannya."

(fzy)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini