nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peduli Lingkungan? Coba Biasakan 5 Hal Ini

Hairunnisa, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 14:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 09 65 2139727 peduli-lingkungan-coba-biasakan-5-hal-ini-ApA1RrIOYW.jpg Plastik (Foto: Reuters)

JAKARTA - Dalam memilih gaya hidup yang peduli dengan lingkungan tidaklah sulit. Walaupun kuliah kalian sulit untuk fokus memprioritaskan bidang yang lain, selain belajar dan bersosialisasi.

Jika demikian, lebih baik kamu sebagai anak muda memulai hidup yang peduli dengan lingkungan di sekitar tempat tinggal kamu, seperti asrama, kamar kos, atau kamar tidur kamu saat di rumah.

Baca Juga: Mural Bertema Go Green Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Berikut ini adalah 5 cara untuk lebih bersih terhadap lingkungan sekitar, seperti yang dikutip dari hercampus.com, Senin (9/12/2019).

1. Tukar pakaian kalian

Fast fashion sudah menjadi budaya di kalangan mahasiswa, tanpa kalian sadari itu berdampak buruk bagi lingkungan.

Maka dari itu dari pada kalian harus pergi mondar-mandir ke mal atau beli di aplikasi belanja onlie, lebih baik kalian bertukar baju dengan teman sekamar, atau bertukar baju dengan kakak, dan ibu.

Baca Juga: Program Samtama, Cara Gubernur Anies Tanamkan Kepedulian Terhadap Lingkungan

2. Menyumbangkan tas bekas layak pakai

Dari pada kalian menumpuk tas-tas yang sudah tidak terpakai, lebih baik kalian datang ke tempat-tempat yang menjual tas bekas layak pakai dan menjual tas tersebut.

Selain itu kalian juga bisa membeli tote bag untuk menggantikan pemakaian kantong plastik, agar lebih ramah lingkungan.

 Tumbler

3. Mendaur ulang sampah

Mendaur ulang sampah adalah cara yang bagus untuk mengurangi sampah, misalnya kamu membeli beberapa diterjen dengan kemasan plastik.

Kemasan tersebut jangan di buang, tetapi di kumpulkan untuk dijadikan barang jadi, seperti tas, taplak meja, dan lain-lain.

Selain itu, botol air minum plastik atau barang-barang bekas lainnya bisa kalian kumpulkan lalu dijual kembali agar dapat menghasilkan uang tambahan.

4. Cuci pakaian kamu dengan air dingin

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan, air panas dapat menghabiskan energi lebih banyak daripada air dingin.

Air panas bisa menghabiskan 90% energi yang digunakan oleh mesin cuci untuk mencuci pakaian. Jika kamu memakai airdingin, itu tidak hanya menghemat energi tatapi juga akan menjaga kualitas pakaian kamu dengan menghilangkan noda membandel lebih cepat dan mencegah kelunturan warna.

 Pakaian

5. Gunakan Tumbler

Selain botol air yang dapat digunakan kembali, guanakan juga cangkir kopi atau gelas yang dapat digunakan kembali.

Ini adalah cara yang lebih mudah dan sering kali lebih murah untuk orang-orang yang sering minum kopi dengan cangkir yang diberikan oleh toko, karena menggunakan biaya tambahan.

Starbucks di Amerika misalnya, yang baru-baru ini memutuskan untuk memberi semua pelanggan diskon USD10 atau sekitar Rp140 ribu (dalam kurs Rp14.078) bagi pelanggan yang membawa cangkir atau botol minuman sendiri.

Dengan melakukan ini, kamu bisa mengurangi jumlah limbah dari gelas plastik dan sedotan.

Tumbler

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini