nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Persiapan Masuk Dunia Kerja bagi Fresh Graduate

Irene, Jurnalis · Selasa 10 Desember 2019 08:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 09 65 2139786 6-persiapan-masuk-dunia-kerja-bagi-fresh-graduate-ZG86PWxceM.jpg Tenaga Kerja (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mencari pekerjaan bagi kalian mahasiswa yang baru lulus adalah momen paling mendebarkan namun menakutkan. Persiapkan diri dengan menyiapkan resume, surat lamaran hingga lowongan kerja.

Di bawah ini Okezone telah merangkum panduan untuk kamu memulai jalan memasuki dunia kerja seperti dilansir Hercampus, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

 

1. Kapan Memulainya?

Tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah tahu kapan kamu harus memulai melamar pekerjaan. Sayangnya, lowongan pekerjaan tidak serentak tersedia dalam satu waktu. Kamu harus membuat suatu timeline sehingga rencana kamu dalam memasuki dunia kerja terorganisir.

Baca Juga: Fresh Graduate, Jangan Sepelekan Pekerjaan Pertama!

2. Semester Ganjil

Oktober dan November: Mulai Belajar

- Mulai cari perusahaan yang kamu minati untuk selanjutnya kamu lamar

- Ikuti kegiatan media sosial mereka untuk melihat lebih jauh ke dalam perusahaan

- Perusahaan biasanya memposting tips dan trik mereka dalam menilai suatu pekerjaan di Youtube channel yang mereka miliki.

Baca Juga: Dear Fresh Graduate, Ini Tips agar Sukses di Pekerjaan Pertama

Desember: Mulai Persiapan

- Gunakan libur semestermu untuk membuat resume dan surat lamaran

- Buat profile LinkedIn untuk memudahkan menjangkau rekrutermu dan perkenalkan dirimu

3. Semester Genap

Januari dan Febuari: Mulai Melamar

- Waktunya untuk eksplorasi aplikasi pengumpul lowongan pekerjaan.

- Tindaklanjut dengan koneksimu setelah kamu melamar

Maret dan April: Mulai Interview Kerja

- Tingkatkan keterampilan wawancaramu

- Gunakan pusat karir kampus atau sumber daya lain di kampus untuk melakukan persiapan wawancara

- Gunakan pakaian yang memancarkan kepercayaan dirimu dan rencanakan pakaian itu semalam sebelum interview dilakukan.

Mei dan Juni: Mulai Merayakan

- Rayakan dengan kegiatan yang kamu sukai.

4. Resume

Kalau kamu lebih suka desain yang simple dan teorganisir, Microsoft Word dan Google Docs memiliki selera yang sama denganmu.

Kalau kamu mencari sesuatu yang lebih kreatif, Canva memiliki template resume yang di desain oleh seorang desain grafis. Media apapun yang kamu gunakan untuk membuat resume, jangan lupakan hal-hal di bawah ini yang harus banget kamu masukkan dalam resume.

- Informasi Kontak

Isinya nama lengkapmu, alamat, nomor telepon, alamat email professional dan link menuju website yang isinya portofolio kamu. Jangan lupa untuk meletakkan informasi kontak ini di paling atas resume kamu agar para rekruter mudah untuk menghubungimu.

-Pernyataan yang isinya tujuan dan ringkasan

satu atau dua kalimat sederhana yang mendeskripsikan apa yang kamu harapkan kamu lakukan, mengapa kamu cocok di posisi ini dan apa perubahan yang akan kamu bawa dalam posisi ini.

- Latar Belakang Pendidikan

Dimana kamu sekolah, jurusanmu, IPKmu (jika di atas 3.00), pelatihan yang relevan dan pengalaman organisasi.

- Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja relevan atau magang posisikan di urutan pertama kemudian lanjutkan dengan partisipasi dalam kegiatan. Bagian ini adalah paling penting. Masukkan seluruh pengalamanmu sedetil-detilnya.

- Keterampilan yang Relevan

Masukkan juga keterampilan teknik yang kamu miliki seperti program-program, bahasa, analisis pemasaran dan soft skills seperti komunikasi dan kepemimpinan.

Setelah seluruh konten diedit, kamu harus memastikan apakah resumemu disetujui oleh Applicant Tracking System (ATS). Biasanya beberapa perusahaan memiliki banyak pelamar dari setiap posisi yang dibukanya dan jumlah HRD tidak cukup untuk membaca seluruh resume yang kalian kirimkan. Dengan ATS Software, perusahaan dapat dengan cepat mensortir pelamar sesuai dengan deskripsi yang diposting pada lowongan pekerjaannya. Software ini akan melihat apakah resume dan deskripsi pekerjaanmu memiliki kata kunci yang cocok, yang kemudian akan meloloskanmu ke tahap selanjutnya.

5. Surat Lamaran

Isinya perkenalan diri kepada perekrut. Introduction, berisi informasi penting seperti latar belakangmu dan alasan kamu tertarik pada posisi ini. Body, berisi pengalaman kerjamu dan bagaimana itu dapat dikaitkan dengan posisi yang kamu lamar sekarang. Conclusion atau kesimpulan, isinya sederhana namun harus ada ajakan untuk bereaksi contohnya, menelpon kamu sebagai pelamar.

Surat ini adalah kesempatan kamu untuk mengekspresikan semangatmu tentang prospek posisi yang kamu lamar juga ketidaksabaranmu untuk bergabung dengan tim. Jangan lupa untuk mengikutsertakan rencanamu untuk meningkatkan perusahaan kalau nantinya kamu diterima.

6. Lowongan Pekerjaan

Tahap termudah dari seluruh proses memasuki dunia kerja, mencari lowongan pekerjaan. Dengan aplikasi yang menghadirkan berbagai lowongan pekerjaan seperti Jobstreet, Jobsid dan lain-lain pastinya akan memudahkan kamu mencari posisi yang kamu inginkan di suatu perusahaan.

Kita akan melamar, melakukan interview , tetapi kita juga akan mendapat email penolakan. Penolakan dari pekerjaan berarti redireksi, melihat ke direksi yang berbeda menuju posisi pekerjaan yang berbeda. Kamu akan melalui itu dan pasti akan mendapatkan sebuah pekerjaan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini