nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Lupa Daftar SNMPTN 2020, Caranya Simak di Sini

Hairunnisa, Jurnalis · Selasa 10 Desember 2019 18:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 10 65 2140335 jangan-lupa-daftar-snmptn-2020-caranya-simak-di-sini-alND4hkLjv.png Daftar SNMPTN di LTMPT (Foto: Instagram)

JAKARTA - Seleksi masuk universitas 2020 hanya tinggal menghitung hari. Maka dari itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah mengimbau hal-hal yang perlu diperhatikan seputar pendaftaran registrasi di akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Baca Juga: Fakta SNMPTN 2020, Nomor 6 Jangan Sampai Terlewat

Registrasi tersebut akan berlaku bagi calon peserta yang mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Registrasi akun LTMPT ini dapat dilakukan oleh sekolah dan siswa secara mandiri.

"Sebelum mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), SahabatDikbud perlu melakukan registrasi akun pada Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)," tulis Kemendikbud dalam akun instagram resminya @kemdikbud.ri, Selasa (10/12/2019).

Baca Juga: Ingin Masuk PTN? Jangan Lupa Registrasi SNMPTN 2020

Bagi siswa lulusan tahun 2020 yang akan mengikuti SNMPTN harus melakukan registrasi akun pada tanggal 2 Desember - 7 Januari 2020. Sedangkan bagi yang akan mengikuti UTBK SBMPTN 2020 harus melakukan registrasi akun pada tanggal 7 Februari - 5 April 2020 bersamaan dengan lulusan 2018 dan 2019.

Pastikan sebelum melakukan registrasi akun pihak sekolah atau siswa diharuskan membaca petunjuk alur registrasi dan verifikasi akun sekolah dan siswa. Selain itu juga calon pendaftar bisa menonton video tutorial registrasi akun di laman resmi LTMPT pada menu unduhan tahun 2020.

 SNMPTN

Sebelum data sekolah tercantum dengan benar jangan melakukan penyimpanan permanen. Walaupun sekolah sudah mempermanenkan data, sekolah tetap bisa memantau status registrasi akun siswanya.

Bagi sekolah yang akreditasinya terhitung mulai tanggal setelah 31 Desember 2018 masih berlaku. Semua perbaikan atau update data sekolah dan siswa harus dilakukan oleh operator sekolah melalui Sistem Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) dan Pusat Data dan Statistik Pendidkan (PDSP) Kemendikbud.

Bisa juga melalui sistem Education Management Information System (EMIS) Pendidikan Islam (PENDIS) Kemenag. Termasuk tentang nomor registrasi sekolah yang diperoleh dari PDSP Kemendikbud atau Emis Kemenag.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini