nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UN Dihapus, Proses Siswa ke PTN Akan Terganggu?

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 11 Desember 2019 16:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 11 65 2140707 un-dihapus-proses-siswa-ke-ptn-akan-terganggu-MlUt9qauYE.jpg Ujian Nasional Dihapus (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Ujian Nasional (UN) dilakukan pada tahap akhir sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA). Bagi siswa SMA, apakah penghapusan UN memengaruhi proses pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN)?

Baca Juga: UN Dihapus, Ikatan Guru: Memang Tidak Ada Manfaatnya

Menanggapi perubahan sistem pendidikan di era Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi mengaku hal itu tidak akan berdampak bagi siswa yang akan melanjutkan ke PTN.

"Sistim seleksi penerimaan mahasiswa baru memang terpisah dan tidak akan terpengaruh ada atau tidak adanya UN SMA/MA/SMK," tegas Ravik kepada Okezone, Rabu (11/12/2019).

Baca Juga: UN Dihapus, Ravik Karsidi: Wacana Prof Muhajir Direalisasikan Mas Nadiem

Mantan Rektor UNS ini menjelaskan, LTMPT sudah mengembangkan sistim seleksi yang sifatnya memprediksi (prediktif) kemampuan calon mahasiswa untuk bisa sukses belajar di PTN, sementara UN (termasuk USBN) bersifat evaluatif atas pencapaian hasil belajar. "Jadi memang beda," imbuhnya.

Ravik juga mengungkapkan, bahwa rencana penghapusan UN telah bergulir sejak Mendikbud dijabat oleh Prof Muhadjir Effendy. Namun baru terealisasi di era Nadiem Makarim.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Muhammad Ramli Rahim menyebut, Ujian Nasional (UN) mendukung penuh penghapusan UN. Menurutnya pelaksanaan UN tidak memberikan manfaat bagi siswa, sehingga sudah tepat untuk dihapuskan dari sistem pendidikan Tanah Air.

"UN ini hanya buang-buang anggaran, tidak mengukur apapun dan tidak ada tindak lanjutnya dari ukuran-ukuran itu. Jadi UN ini tidak ada manfaat sama sekali," ungkapkan saat dihubungi Okezone.

Bahkan dia menegaskan, UN memberikan dampak negatif bagi para siswa karena tekanan psikologis akibat harus lulus. Di mana siswa hanya merasakan tertekan.

"Hasil UN juga tidak bisa digunakan untuk apapun, tidak ada gunanya," tegasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini