nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lagi Booming Ngopi di Kalangan Mahasiswa, Bagaimana agar Tak Kecanduan?

Vania Halim, Jurnalis · Rabu 11 Desember 2019 17:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 11 65 2140710 lagi-booming-ngopi-di-kalangan-mahasiswa-bagaimana-agar-tak-kecanduan-WnPoy66Po2.jpg Kopi (Foto: Ist)

JAKARTA – Ngopi-ngopi kian marak di tengah meningkatnya konsumsi kopi di kalangan milenial. Kini sangat mudah menemukan kedai kopi kekinian dengan berbagai merek.

Apalagi bagi penikmat kopi, jika tidak minum kopi dalam sehari akan berasa ada yang hilang. Akan tetapi, ada bahayanya jika kita sudah kecanduan kopi. Kopi dikonsumsi secara berlebihan pastinya dapat mengakibatkan banyak efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga: Sedapnya Usaha Kedai Kopi, Balik Modal Hanya dalam 6 Bulan

Salah satu ciri kecanduan kopi adalah jika tidak meminum kopi akan uring-uringan sebelum mulai beraktivitas. Mungkin kamu sudah mengalami kecanduan kopi. Kopi disebut-sebut dapat memberi kamu energi dan menjauhkan kantuk dikarenakan kafein yang terkandung di dalamnya.

Lalu bagaimana kita untuk mengurangi kafein dari kopi? Apakah bisa menggantinya? Melansir dari hercampus, Jakarta, Rabu (11/12/2019), ini 5 minuman alternatif kurangi kafein dari kopi.

5. Teh Kombucha

Teh kombucha merupakan produk minuman tradisional hasil fermentasi larutan teh dan gula dengan menggunakan starter mikroba kombucha dan di fermentasi selama 8-12 hari.

Baca Juga: Saingi Starbucks, Jenny Qian Jadi Miliarder dari Bisnis Kopi

Berfungsi juga sebagai penyembuh terhadap berbagai macam penyakit ini telah digunakan berulang kali dirumah tangga diberbagai negara Asia.

Minuman ini memberikan tingkat energi yang lebih tinggi dan detoksifikasi tubuh. Kita dapat membuatnya dengan bahan alami seperti teh hitam dan teh hijau organik.

 Kopi

4. Latte Teh Hijau Matcha

Beberapa matcha latte memang mengandung kafein dalam jumlah yang banyak, tetapi energi yang mereka berikan bukanlah getar dan efek samping yang mengerikan dari beberapa cangkir kopi.

Matcha memastikan bahwa efek pengaktifannya berkelanjutan dan tahan lama.

3. Lebih Banyak Minum Teh

Teh peppermint dan the jahe menyebabkan suasana hati yang lebih bahagia, dan mengurangi ketegangan.

Rasa segar akan memancar indera dan menjadi bersemangat.

4. Membuat Smoothie untuk Sarapan

Dengan bahan-bahan alami seperti buah segar, susu, kamu dapat menikmati sarapan yang benar-benar berenergi.

5. Bebas Tanpa Kafein

Yang terpenting, pastikan kesehatan adalah prioritas kamu. Kamu juga dapat mencoba mengonsumsi suplemen energi dan vitamin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini