nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UN Dihapus, Pengamat Pendidikan: Harusnya dari 5 Tahun yang Lalu

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Rabu 11 Desember 2019 18:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 11 65 2140751 un-dihapus-pengamat-pendidikan-harusnya-dari-5-tahun-yang-lalu-G0wkSJASgB.jpg Ilustrasi Ujian Nasional. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Rencana penghapusan Ujian Nasional (UN) pada 2021 dinilai layak untuk dilakukan. Bahkan seharusnya rencana tersebut dilakukan lebih cepat.

Pengamat Pendidikan Budi Trikorayanto mengaku setuju dengan rencana yang penghapusan UN oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

“Bagus, seharusnya sejak 5 tahun lalu dilakukan,” kata Budi Trikorayanto saat dihubungi Okezone, Rabu (11/12/2019).

Baca Juga: Kenapa UN Dihapus? Nadiem: Jadi Beban Stres Murid dan Orangtua

Budi berpendapat jika keberadaan UN sudah tidak berguna, malah cenderung pemborosan anggaran negara saja.

Ujian Nasional

“Karena UN saat ini tidak berguna, pemborosan juga. Untuk penerimaan di PT (Perguruan Tinggi) tidak dipakai (SNMPTN pakai rapor, SBMPTN pakai tes sendiri) yang dilihat SKHUN (surat Keterangan Hasil Ujian Nasional),” sambungnya.

Baca Juga: UN Menurunkan Kemampuan Minat dan Bakat Anak-Anak Indonesia

Menurutnya, pengganti UN berupa Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter, yang terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi) sudah tepat. Kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter jauh lebih baik.

“Apalagi dilakukan bukan pada akhir jenjang menjelang lulus. Di kelas 4, 8, dan 11,” jelasnya.

Wacana penghapusan ini dinilai tidak membingungkan para murid dan orang tua. Justru lebih memusingkan sekolah dan guru yang tidak belajar.

“Tidak (membingungkan) bagi anak atau orang tua, tapi bagi sekolah dan guru yang malas belajar akan gelagapan,” pungkas Budi.

Budi juga mengatakan imbas peniadaan UN hanya berlaku pada orang-orang yang selama ini memperoleh keuntungan dari anggaran ujian berbasis nasional itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini